Banda Aceh (ANTARA News) - Sejumlah surfer dari beberapa negara ikut meramaikan Aceh Beach Games II yang diselenggarakan di kawasan pantai Lhoknga Kabupaten Aceh Besar selama sepekan.

"Ada beberapa surfer mancanegara yang ikut serta meramaikan Aceh Beach Games II antara lain dari Perancis, Inggris, Australia, Selandia Baru dan Jerman," kata Koordinator surfing, Yudi di Banda Aceh, Senin.

Olahraga selancar yang diselenggarakan Minggu (27/12) itu merupakan bagian dari Aceh Beach Games II dan pertama kalinya diselenggarakan di Aceh.

Pertandingan surfing dibagi dalam dua kelas yaitu beginner dan open yang diikuti puluhan surfer baik mancanegara maupun lokal termasuk juga dari Bali. Selain itu, surfer berusia 12 tahun juga ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Kelas open dimenangi Yudi dari Lhoknga Aceh, juara dua dipegang Jerome asal Perancis, ketiga diraih Cameron dari Selandia Baru dan juara empat diraih Iqbal asal Lhoknga.

Sementara untuk kelas beginner, juara pertama diraih Ayub dan juara kedua dipegang oleh Herlin. Keduanya berasal dari Lhoknga Kabupaten Aceh Besar yang turut porak poranda akibat tsunami 2004.

Juara tiga diraih Edy Wijaya dari Tapaktuan kabupaten Aceh Selatan dan juara ke empat diperoleh Iqbal, pesurfer lokal.

Menurut Yudi, kegiatan itu baru pertama kalinya diselenggarakan di Aceh dan cukup banyak peminat bukan hanya dari masyarakat setempat tapi juga dari luar Aceh hingga luar negeri.

"Rencananya kegiatan ini akan terus kita lakukan dan menjadi agenda reguler, sebab selain positif juga menjadi penyaluran bakat bagi pecinta olahraga air," katanya.

Olahraga air itu semakin populer pascatsunami 2004, sebab selain banyak warga asing di Aceh juga provinsi paling barat Pulau Sumatera tersebut semakin terbuka bagi masyarakat asing.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009