Bandarlampung (ANTARA) - Kepolisian Daerah Lampung siap menjamin rasa aman dan nyaman pelaksanaan ajang surfing internasional World Surfing League (WSL) Krui Pro 2024 yang berlangsung mulai 28 Mei - 4 Juni 2024.

"Polda dan jajaran telah menyiapkan pengamanan dan penjagaan dalam event skala internasional tersebut," kata Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika, di Bandarlampung, Jumat.

Baca juga: Polisi perketat keamanan antisipasi kejahatan jelang WSL Krui Pro 2024

Ia mengatakan, pihaknya bakal menggelar operasi mandiri kewilayahan Polda Lampung bersama Polres Pesisir Barat dan Polres Lampung Selatan serta sejumlah polres dengan sandi "Tuhuk Krakatau 2024" selama 9 hari mulai 27 Mei - 4 Juni 2024.

"Polda Lampung akan melaksanakan operasi pengamanan selama event WSL Krui Pro tahun ini, dengan menyiagakan 325 personel, lengkap dengan sarana prasarananya," ujar Helmy.

Baca juga: Dito: "Surfing" bisa angkat potensi ekonomi daerah Pesibar, Lampung

Secara khusus sebagai pembentukan pengamanan optimal, pihaknya turut menyiapkan dan menempatkan personel polisi pariwisata dan tim petugas keamanan.

Para personel khususnya ini akan melayani masyarakat atau wisatawan dan tamu undangan, hingga memberikan pengamanan bersifat melekat kepada panitia penyelenggara dan peserta serta official event.

"Pengamanan bersifat terbuka dengan mengedepankan fungsi kepolisian, guna mengantisipasi potensi gangguan keamanan secara nyata," ucap Helmy.

Baca juga: kejuaraan dunia Surfing Krui Pro akan kembali digelar di Pesisir Barat

"Kami juga bersinergi dengan unsur TNI di Lampung untuk menyukseskan event internasional tersebut, mereka pun akan berpakaian layaknya polisi turis dan bukan berseragam seperti biasa digunakan," tambahnya.

Helmy mengatakan, pelaksanaan event internasional tahunan di wilayah Pesisir Barat ini disebut berbeda dari sebelumnya, karena bakal diikuti sebanyak 259 peserta dari 14 negara. Jumlah ini lebih banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: Sandiaga Uno bakal buka kejuaraan World Surfing Krui Pro

Oleh karenanya, ajang ini penting dan diproyeksikan bakal menjadi titik balik kebangkitan pariwisata hingga investasi di Indonesia, khususnya di wilayah Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung.

"Kami mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama mendukung kesuksesan ajang surfing WSL Krui Pro di tahun ini, mari kita jaga nama naik Indonesia, khususnya Lampung," tambah Kapolda.

Baca juga: Polres Pesisir Barat dukung kejuaraan surfing WSL QS 5000
Baca juga: 215 peselancar telah daftar kejuaraan dunia Surfing Krui Pro 2023

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024