Pesisir Barat (ANTARA) - Kepolisian Resor Polres Pesisir Barat, Polda Lampung memperketat patroli keamanan untuk mengantisipasi aksi kejahatan di wilayah tersebut menjelang kejuaraan Krui Pro 2024.

Kejuaraan dunia surfing World Surf League (WSL) Krui Pro Qualyfing Series (QS) 5000 tersebut akan digelar pada tanggal 28 Mei hingga 4 Juni 2024 di Pantai Tanjung Setia, Kabupaten Pesisir Barat.

Kasihumas Polres Pesisir Barat, Ipda Kasiyono, saat dihubungi dari Lampung Selatan, Sabtu, mengatakan menjelang event internasional WSL QS 5000, tentunya Polres Pesisir Barat tidak mau kecolongan terkait kamtibmas.

"Maka dari perintah Bapak Kapolres Pesisir Barat AKBP Alsyahendra, kami intens melaksanakan kegiatan preemtif maupun preventif untuk mencegah terjadinya tindak pidana di wilayah hukum Polres Pesisir Barat," kata dia.

Oleh karena itu, menurutnya, untuk mengantisipasi kejahatan, pihaknya melaksanakan patroli skala besar dengan memperluas aktivitas patroli guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dan wisatawan asing yang berada di Kabupaten Pesisir Barat.

"Kami meningkatkan kegiatan rutin yaitu berupa patroli di titik dan jam-jam rawan di wilayah Pesisir Barat," katanya.

Kasihumas mengajak masyarakat agar bisa bekerja sama dengan kepolisian khususnya Polres Pesisir Barat untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif di lapangan, dengan adanya hal tersebut bisa memberikan rasa aman dan tertib di wilayah Pesisir Barat. Segera hubungi kepolisian setempat bila mendapat informasi atau melihat hal-hal yang mengganggu kamtibmas.

"Selain itu kami juga mengajak kepada masyarakat menjelang event internasional ini untuk bersama-sama menjaga kamtibmas di lingkungannya, apabila ada hal hal yang mencurigakan atau ada kegiatan kontra produktif segera laporkan ke Polres maupun Polsek terdekat, agar bisa segera ditindak lanjuti," ujarnya.

Untuk diketahui Polres Pesisir Barat saat ini sedang gencar melakukan Operasi Sikat Krakatau 2024 dengan memonitoring di sekitar wilayah tersebut.

Dalam rangka Operasi Sikat Krakatau 2024 Polres Pesisir Barat melaksanakan kegiatan Patroli memonitoring objek-objek vital dan tempat keramaian di wilayah hukum Polres Pesisir Barat.

Operasi Sikat Krakatau 2024 itu bertujuan untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di seluruh wilayah hukum Polres Pesisir Barat, sehingga tercipta rasa aman yang dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat.

Operasi Sikat Krakatau 2024 tersebut digelar selama 14 hari yang dimulai dari tanggal 6 Mei sampai dengan 19 Mei 2024, yang melibatkan 25 personel.

Adapun sasaran utama dalam kegiatan operasi tersebut yakni penanggulangan kejahatan pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian dengan pemberatan (curat) dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) serta penyalahgunaan senjata api (senpi) ilegal di wilayah hukum Polres Pesisir Barat.

Dengan adanya dukungan kegiatan intelijen, kegiatan preventif dan kegiatan bantuan operasi kegiatan Operasi Sikat Krakatau 2024 yang mengedepankan penegakan hukum ingin menciptakan rasa aman, tertib serta menjaga situasi kamtibmas agar tetap kondusif.

Baca juga: Polda Lampung kerahkan 222 personel amankan Krui Pro World Surf
Baca juga: kejuaraan dunia Surfing Krui Pro akan kembali digelar di Pesisir Barat


Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024