Pesisir Barat (ANTARA) - Kepolisian Resor Polres Pesisir Barat, Polda Lampung, merespon cepat dengan mendatangi dan menyiagakan sejumlah personel pengaman untuk berjaga di dua lokasi banjir di Kabupaten Pesisir Barat, Rabu.

Kapolsek Pesisir Tengah Kompol Zaini Dahlan, saat dihubungi dari Lampung Selatan, Rabu, mengatakan pihaknya bergerak cepat mendatangi beberapa lokasi yang terkena banjir dan siaga personil pengamanan.

"Saya bersama personil Polsek Pesisir Tengah mendatangi beberapa titik lokasi yang terdampak banjir oleh hujan deras dan mengakibatkan beberapa rumah dan jalan tergenang air," kata dia

Ia menjelaskan, dua titik lokasi banjir tersebut memang berdekatan dengan sungai besar yang melintang di daerah Kecamatan Pesisir Tengah tersebut.

Baca juga: Waspadai penyakit leptospirosis pasca-hujan deras dan banjir

Baca juga: BNPB: 5.008 warga terdampak banjir di Tanggamus 


"Lokasi yang terkena banjir antara lain di Pekon Gunung Kemala Timur Kecamatan Way Krui dan Jalan Lintas Barat Pasar Ulu kelurahan Pasar Kota Krui Kecamatan Pesisir Tengah," katanya.

Kapolsek juga mengatakan bahwa hujan deras yang mengguyur di Pesisir Barat pada malam hari sehingga terdapat beberapa rumah yang tergenang banjir di pinggir sungai.

"Pekon Gunung Kemala Timur dan Pekon Gunung Kemala Induk Kecamatan Way Krui, Kabupaten Pesisir Barat, banjir akibat meluapnya sungai Way Krui," ujarnya

Sementara itu di badan jalan lintas barat Pasar Ulu kelurahan Pasar Kota Krui Kecamatan Pesisir Tengah, tergenang air banjir yang mengakibatkan pengguna jalan baik roda dua dan roda empat yang melintasi daerah tersebut sedikit terganggu dan harus berhati-hati.

"Warga mengungsi ke tempat yang aman. Namun, saat ini banjir sudah surut dan warga mulai membersihkan rumahnya masing-masing," ujar dia.

Ia menambahkan personel Polsek Pesisir Tengah melakukan pengamanan di lokasi-lokasi tersebut, dan mengantisipasi banjir susulan dan mencegah terjadinya lakalantas serta tindak kejahatan.

Kapolsek mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap bersiaga antisipasi adanya bencana alam yang di sebabkan oleh hujan deras dan segera melaporkan jika terjadi bencana alam di daerahnya masing-masing.*

Baca juga: Akses jalan lintas barat putus akibat banjir bandang di Tanggamus

Baca juga: Banjir bandang terjang beberapa desa di Tanggamus Lampung

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023