Bandarlampung (ANTARA) - Kapolda Lampung Irjen Pol. Helmy Santika, memberikan imbauan kepada masyarakat pentingnya persiapan yang matang sebelum melakukan perjalanan arus balik Lebaran 2024.

"Kesehatan yang prima dan kondisi kendaraan yang baik merupakan hal yang sangat penting dalam menjalani perjalanan arus balik Lebaran," ungkap Helmy Santika, di Bandarlampung, Jumat.

Ia juga menegaskan bahwa persiapan yang matang akan membantu mengurangi risiko kecelakaan dan memastikan keselamatan selama perjalanan.

"Kami mengimbau agar masyarakat memeriksakan kondisi kesehatan mereka sebelum berangkat, serta melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kendaraan yang akan digunakan," tambahnya.

Dalam upaya memastikan kelancaran perjalanan, Polda Lampung juga akan meningkatkan pengawasan di jalur-jalur arus balik.

"Kami akan melakukan patroli dan pengawasan secara intensif di jalur-jalur arus balik untuk memastikan keamanan dan kelancaran perjalanan para pemudik," jelas Helmy Santika.

Ia juga memastikan para pemudik dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung menuju Merak Banten merasa aman dan nyaman.

"Kami mengharapkan masyarakat dapat menjalani arus balik Lebaran dengan aman dan nyaman, serta dapat berkumpul kembali dengan keluarga tercinta tanpa hambatan yang berarti," tambah Helmy Santika.

Sementara puncak arus balik Lebaran 2024 di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan menuju Pelabuhan Merak, Banten diperkirakan pada Sabtu-Minggu (13-14/4).

Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni, Lampung dipadati ratusan kendaraan roda empat pemudik yang hendak menuju Pelabuhan Merak, Banten, pada hari kedua Lebaran 2024.

Berdasarkan pantauan di lokasi pada Jumat (12/4) terdapat ratusan kendaraan roda empat memadati Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni.

Baca juga: Petugas terapkan delay system cegah kepadatan di Pelabuhan Bakauheni

Baca juga: Menko PMK: Pemudik dilarang datang ke pelabuhan tanpa tiket

 

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024