Semarang (ANTARA News) - Seorang narapidana (napi) Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kedungpane Semarang asal Nigeria, Alphanius Ony Buche Ike (49), meninggal dunia diduga karena menderita penyakit Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS).

"Buche meninggal dunia di ruang isolasi Rumah Sakit Tugurejo Semarang pada Senin (28/12) pukul 04:00 WIB setelah sempat mendapat perawatan sejak 17 Desember 2009 karena penyakit komplikasi yang cukup kronis," kata Kepala LP Kedungpane Windarso di Semarang, Senin.

Mengenai adanya dugaan bahwa Buche meninggal dunia karena AIDS, Windarso belum dapat memastikan karena pihaknya belum menerima salinan lengkap dari pihak rumah sakit tentang penyebab pasti kematian napi tersebut.

"Penyebab Buche meninggal dunia belum dapat dipastikan karena yang bersangkutan diketahui menderita berbagai penyakit, namun memang ada indikasi Buche menderita penyakit AIDS," ujarnya melalui saluran telepon.

Windarso menjelaskan, Buche divonis tiga tahun penjara dan ditahan di LP Cipinang karena kasus penipuan yang terjadi di Jakarta.

Satu tahun kemudian, Buche dipindah ke LP Pekalongan dan pada awal Agustus 2009 yang bersangkutan dipindahkan ke LP Kedungpane Semarang serta menempati sel di Blok E."Pada saat dipindah tersebut, Buche sudah dalam kondisi sakit," katanya.

Windarso menambahkan, menurut rencana keluarga Buche dari pihak istri yang merupakan warga negara Indonesia akan membawa jenazah yang bersangkutan ke Jakarta.

"Tapi saya tidak tahu apakah jenazah Buche akan dimakamkan di Indonesia atau di Nigeria," ujarnya.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009