Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengaku telah mendapatkan kabar gembira dari Menteri Keuangan Sri Mulyani tentang pendapatan negara pada 2009.

Di sela-sela arahan Presiden kepada para Kapolda seluruh tanah air dalam inspeksi mendadak ke Mabes Polri di Jakarta, Jumat, Presiden menyampaikan rasa syukurnya bahwa keadaan ekonomi Indonesia tetap baik di tengah krisis keuangan melanda dunia.

"Saya bersyukur, mengucapkan terima kasih kepada semua termasuk jajaran pemerintah pusat dan daerah, meski dunia mengalami krisis ekonomi, banyak ekonomi negara berjatuhan, kita sekali lagi dan ini bukan lip service, tulus saya ucapkan, kita bisa meminimalkan dampak krisis ini," tutur Presiden.

Kepala Negara mengatakan, ia akan menjelaskan postur APBN serta penerimaan negara pada 2009 secara detil pada Senin atau Selasa pekan depan.

Presiden pekan depan akan memberikan penjelasan detil tentang penerimaan pajak, bukan pajak, defisit anggaran, belanja pemerintah, serta keberhasilan program stimulus dan program pemerintah lainnya pada 2009.

"Saya senang tadi beritanya baik, ini tandanya negara kita makin berketahanan dalam krisis karena reformasi sepuluh tahun lalu telah membuahkan hasil," ujarnya.

Selain keberhasilan bidang ekonomi, Presiden menilai kondisi keamanan negara dan stabilitas politik dalam negeri semakin baik.

Menurut dia, kondisi tersebut merupakan prakondisi bagi keberhasilan pembangunan ekonomi yang ingin dituju pemerintah guna meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Untuk itu, Presiden mengimbau seluruh rakyat Indonesia untuk terus menjaga lingkungan dalam negeri tetap kondusif.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010