Sleman (ANTARA News) - Balai Peninggalan dan Pelestarian Purbakala (BP3) Yogyakarta saat ini masih berupaya mencari bangunan pendukung candi yang ditemukan di area pembangunan gedung perpustakaan Universitas Islam Indonesia (UII) di Jalan Kaliurang, Sleman.

"Sampai saat ini kami masih berupaya mencari pendukung bangunan ke dua yang merupakan bangunan perwara, karena dalam konsep arkeologi jika ditemukan adanya bangunan utama pasti ada dua bangunan perwara," kata ketua tim ekskavasi Indung Panca Putra, Sabtu.

Menurut dia, setelah melakukan penggalian lebih dari 25 kotak uji, pihaknya mendapat kesimpulan bahwa penemuan candi terbilang unik.

"Keunikan dari candi ini adalah setelah digali ditemukan arca Ganesha dan kingga yoni dalam satu bangunan, dimana ini tidak lazim ada pada bangunan candi Hindu," katanya.

Ia mengatakan, selain memiliki keunikan yakni jadi satunya arca ganesha, lingga dan yoni dalam satu ruangan, di pintu masuk ruangan juga terdapat ornamen berupa relief manusia yang disebelahnya terdapat sekumtum bunga teratai.

"Selaun itu secara fisik bangunan candi ini memiliki dinding dengan profil yang sangat sederhanan dengan tidak banyak hiasan," katanya.

Indung mengatakan, meski demikian secara sistem pengerjaan terbilang sangat bagus, terbukti dari pahatan yang sangat halus sehingga alur dari rambut ganesha benar-benar kelihatan.

"Bahkan ornamen jenis suluran juga tampak jelas kelihatan bentuknya serta antefik dengan ornamen jenis kalla yang berfungsi sebagai penolak bala yang berada di dinding utara," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010