Medan (ANTARA News) - Memasuki hari ketiga tahun baru 2010, Minggu, Kota Medan ibukota Provinsi Sumatra Utara, sejak pagi hingga siang terus diguyur hujan lebat.

Kota Medan itu turun hujan sejak pukul 06:00 WIB hingga pukul 13.00 WIB, namun demikian tidak menghalangi minat warga di daerah tersebut untuk pergi ke luar rumah seperti ke gereja, ke pusat perbelanjaan dan kegiatan lainnya, demikian pemantauan ANTARA di Medan, Minggu.

Hujan turun di kota Medan berpenduduk lebih kurang 2 juta jiwa itu, tampaknya ikut mewarnai suasana tahun baru.

Bahkan, hujan yang terjadi di kota itu, juga mengakibatkan beberapa badan jalan protokol tergenang air.

Jalan yang digenangi air hujan itu, yakni di Jalan Dr Mansyur dekat kampus Universitas Sumatera Utara (USU) dan beberapa jalan lainnya.

Bandara ramai

Sementara suasana pada hari ketiga tahun baru itu, bandara Polonia Medan kelihatan padat, karena sebahagian

warga yang mudik kembali bekerja seperti biasanya.

Beberapa warga tersebut ingin pulang ke Jakarta, Bandung, Surabaya dan daerah lainnya.

Selain itu, ada juga penumpang dari Medan tujuan Balikpapan, Samarinda, Kalimantan Timur, Papua, NTB dan Ambon.

Sedangkan di Stasion Besar Kereta Api Medan, sejak pukul 10:00 WIB hingga pukul 14:00 WIB juga dipadati ratusan penumpang yang tiba dari Pematang Siantar, Asahan, Tanjung Balai dan Tebing Tinggi.

Para penumpang tersebut kembali ke Medan, karena Senin, (4/1) akan bekerja seperti biasanya, karena mereka hampir satu minggu lamanya menghabiskan liburan tahun baru di kampung halaman.

Kota Medan selama tahun baru hari pertama hingga hari ketiga ini, dalam suasana aman, tertib dan lancar serta di setiap persimpangan tetap dijaga petugas kepolisian.

Menjelang Natal dan tahun baru 2010 itu, Poltabes Medan mengerahkan sebanyak 1.750 personel untuk mengamankan masyarakat.

Petugas tersebut dikerahkan di sejumlah titik atau tempat yang dianggap rawan dapat menimbulkan berbagai aksi kejahatan, dan dikhawatirkan dapat menganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Selain itu, anggota polisi itu juga berjaga-jaga di pusat perbelanjaan seperti Medan Mall, Yuki Simpang Raya, Sun Plaza, dan tempat-tempat kantor pemerintah, serta lokasi hiburan.

Seorang warga Medan, Hotlan Sitorus (38) mengatakan, sejak malam Natal dan memasuki hari ketiga tahun baru ini, suasana di kota Medan tertib, aman dan lancar.

"Terciptanya suasana aman selama Natal dan tahun baru itu berkat kesadaran masyarakat cukup tinggi, disamping petugas kepolisian yang terus melakukan patroli di jalan raya dan tempat-tempat keramaian, " kata Sitorus.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010