Jambi (ANTARA) - Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Jambi, Jumat bertambah 21 orang sehingga total positif tercatat ada 271 orang, kata Johanysah selaku Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Jambi.

"Pemerintah pusat hari ini mengumumkan 21 orang tambahan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 untuk Jambi," kata Johansyah yang juga Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi, di Jambi, Jumat.

Sebanyak 21 orang pasien terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut 16 orang asal Kota Jambi dan lima orang asal Kabupaten Merangin.

Baca juga: Bertambah tiga, kluster Lapas COVID-19 di Batanghari naik 12 orang

Lima pasien asal Kabupaten Merangin itu semuanya diketahui memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta. Kini kelima pasien tersebut dirawat di Rumah Sakit Kolonel Abunjani Merangin.

Kemudian 16 orang pasien asal Kota Jambi itu enam orang diketahui terpapar dari pasien 261. Diantara enam pasien itu satu balita perempuan usia 2 tahun dan satu anak-anak laki-laki usia 8 tahun.

Selanjutnya dua orang baru pulang dari Jakarta, dua orang lainnya baru pulang dari Bandung dan satu orang baru pulang dari Jember.

Sedangkan lima pasien asal Kota Jambi lainnya terpapar dari pasien yang lebih dulu terkonfirmasi positif.

Baca juga: Satu pasien COVID-19 asal Kabupaten Tebo meninggal dunia

Selain tambahan pasien terkonfirmasi positif, juga ada tambahan empat pasien sembuh. Yakni pasien 140 asal Kabupaten Batanghari, pasien 189 asal Kabupaten dan pasien 190 serta 192 asal Kota Jambi.

Empat orang tersebut dinyatakan sembuh berdasarkan hasil uji swab dua kali berturut dengan hasil negatif dan dibolehkan pulang namun wajib isolasi mandiri di rumah selama 14 hari ke depan.

Johansyah selaku Juru Bicara Gugus Tugas Provinsi Jambi terus mengimbau masyarakat tetap jaga kesehatan selalu cuci tangan dan wajib menggunakan masker jika harus ke luar rumah.

Sementara berdasarkan update data Gugus Tugas Provinsi Jambi, saat ini jumlah suspek sebanyak 77 orang, terkonfirmasi positif sebanyak 271 orang dan 130 diantaranya sembuh serta lima orang meninggal dunia.

Baca juga: Pegawai RSUD Raden Mattaher Jambi positif COVID-19
Baca juga: Dua balita di Jambi positif COVID-19




 

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020