Ternate (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Maluku Utara mencatat berdasarkan hasil pemeriksaan TCM RSUD Soa Sio Kota Tidore Kepulauan untuk pasien positif di daerah itu terus bertambah dan hari ini mencapai sembilan orang.

Jubir GTTP COVID-19 Malut dr Alwia Assagaf, MKes melalui siaran pers di Ternate Sabtu membenarkan penambahan sembilan pasien positif baru itu yang seluruhnya berasal dari Kota Tidore Kepulauan.

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 jadi 105.198 orang, kasus positif capai 151.498

Sehingga, dengan adanya penambahan sembilan pasien baru ini, maka jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 untuk Provinsi Malut sampai hari ini mencapai 1.770 orang dan selanjutnya kasus baru ini disebut sebagai kasus 1.762 sampai dengan kasus 1.770 orang.

Untuk jumlah kontak erat sampai saat ini terjadi penambahan menjadi 125 orang, suspek delapan orang, probabel satu orang, katanya.

Baca juga: Kontak pasien positif, 54 pegawai-staf puskesmas di Kalbar dites usap

GTPP COVID-19 Malut mencatat saat ini pasien sembuh mencapai 1.494 orang dan angka kesembuhan pasien positif COVID-19 di daerah ini hingga Agustus 2020 mengalami peningkatan hingga mencapai 84,8 persen.

"Memang, makanan bergizi seperti ikan segar yang dikonsumsi masyarakat Malut dapat meningkatkan imunitas tubuh tinggi dan percepat tingkat kesembuhan," ujarnya.

Baca juga: 9.410 pasien COVID-19 di RSD Wisma Atlet sembuh

Dia menyatakan, pasien sembuh dalam beberapa pekan ini alami peningkatan, sehingga saat ini tercatat 1.494 orang sembuh COVID-19 dan meninggal dunia 61 orang atau 3,5 persen.

Dia mengakui, saat ini pasien yang tengah menjalani karantina di Sahid Hotel Ternate tercatat dua orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 dan kalaupun mereka masih berstatus positif hingga 29 Agustus, maka akan dipindahkan perawatannya ke Sofifi.

Sedangkan, untuk saat ini yang sementara dirawat di RSU dr Chasan Boesoirie Ternate sebanyak dua orang terkonfirmasi positif, RSU Soasio Tidore enam orang terkonfirmasi, RSU Labuha Halsel dua orang terkonfirmasi positif, RSU Tobelo Halut lima orang terkonfirmasi positif.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2020