Washington (ANTARA News/AFP) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton akan mengadakan lawatan pekan depan ke Australia, Selandia Baru dan Papua Nugini untuk membicarakan isu-isu keamanan, pembangunan dan lingkungan hidup.

Di Australia Hillary bersama dengan Menteri Pertahanan Robert Gates akan mengadakan pertemuan konsultasi dengan para rekan sejawat mereka mengenai pembangunan hubungan antara sekutu lama di Pasifik, demikian Deplu AS.

Ny. Clinton juga akan mengunjungi Honolulu, Hawaii, tempat ia akan menyampaikan pidato kebijakan mengenai "keterkaitan multilateral" dengan kawasan Asia-Pasifik dan bertemu dengan Komando Pasifik AS, tambahnya.

Lawatan pada 11-19 Januari menandai lawatan pertama Hillary ke negara-negara itu sejak pelantikan Presiden Barack Obama setahun lalu. Obama mengembangkan hubungan erat dengan Perdana Menteri Australia Kevin Rudd.

Menlu AS itu akan tiba pada 17 Januari di Canberra tempat ia dan Gates akan mengakadan pertemuan ke-15 konsultasi AS-Australia dengan mitranya Menlu Stephen Smith dan Menteri Pertahanan John Faulkner. Mereka akan membahas tantangan keamanan regional dan global, tambahnya.

Ia akan singgah di Melbourne.

Setelah itu Hillary akan bertemu PM Selandia Baru John Key dan menuju Papua Nugini pada 14 Januari guna mengadakan pertemuan dengan para pejabat pemerintah bersama dengan masyarakat madani untuk membahas perlindungan lingkungan hidup dan penguatan wanita, demikian Deplu AS.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010