Paris (ANTARA News/Reuters) - Patrick Vieira dipastikan meninggalkan Inter Milan dan bergabung dengan Manchester City, Kamis, sebagai upaya bisa menjamin berada di tim utama dan meraih tempat di skuad Prancis.

Vieira yang karirnya sempat terganggu oleh cedera, terakhir kali memperkuat Prancis dalam pertandingan persahabatan melawan Nigeria pada Agustus dan penampilan terakhir dalam pertandingan resmi yaitu pada September 2007 di pertandingan kualifikasi Eropa melawan Skotlandia.

"Saya membuat diri saya sendiri sebagai obyek, saya ingin bisa ikut Piala Dunia," kata mantan kapten tim Prancis yang biasa bermain di lapangan tengah tersebut.

"Suatu yang penting bagi kami adalah pergi ke Manchester City dan menunjukkan kepada pelatih (Roberto Mancini) bahwa saya masih pemain yang sama seperti ketika dia bertugas di Inter," tambahnya.

"Setelah satu tahun di Turin dan tiga setengah tahun di Milan, itu sudah selesai, untuk menuju Piala Dunia saya butuh waktu bermain dan saya tidak bisa mendapatkan itu bersama Inter dimana saya tidak terpilih sebagai pemain utama," katanya.

Vieira yang merupakan pemain kunci bagi Prancis pada Piala Dunia 1998 dan Euro 2000, telah ikut memenangi tiga gelar liga utama Inggris dan tiga Piala FA dalam sembilan musim dia bergabung dengan Arsenal sebelum pindah ke Juventus pada 2005 dan selanjutnya ke Inter tahun berikutnya.

Dia juga memenangi empat gelar Serie A bersama Inter termasuk dua pada 2007 dan 2008 di bawah pelatih Roberto Mancini yang diangkat menjadi pelatih Manchester City bulan lalu.

Sedangkan pelatih Inter Jose Mourinho hanya tujuh kali menurunkannya pada pertandingan Serie A musim ini, yang terakhir pada Rabu ketika timnya menang 1-0 di Chievo.

"Sebagai seseorang dan seorang pelatih, saya tidak bahagia karena dia orang yang fantastis dan sekaligus sebagai pemain yang hebat, tapi saya bisa mengatakan saya bahagia karena dia bahagia," kata Mourinho.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010