Jakarta (ANTARA News) - Tiga unit kerja Universitas Negeri Jakarta (UNJ) berhasil meraih ISO 9001:2008 berupa standar sistem manajemen berkualitas, yaitu UPT Perpustakaan, Jurusan Bimbingan Konseling, dan Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis UNJ.

Sertifikat ISO 9001:2008 tersebut diserahkan oleh Direktur WQA (Worldwide Qualification Assurance)Novian Abraham Putra kepada Rektor UNJ Prof Dr Bedjo Sujanto, MPd di Jakarta, Senin. Selanjutnya sertifikat itu diserahkan ketiga pimpinan unit kerja di lingkungan UNJ.

Rektor dalam sambutannya mengatakan, perolehan Sertifikat ISO 9001:2008 untuk pertama kali kepada ketiga unit kerja di UNJ itu sebagai langkah awal kepada jajaran civitas akademika UNJ untuk memperbaiki kinerja dan manajemen, agar UNJ menjadi universitas berkelas dunia.

"Untuk meraih ISO, seluruh komponen di unit kerja harus mampu bekerjasama sesuai prosedur dan manajemen yang berkualitas internasional, sehingga sistem manajemen yang baku harus tersu dikembangkan lebih baik karena setiap enam bulan akan diaudit lagi tentang pelaksanaan ISO tersebut," katanya.

Oleh karena itu, Rektor mengharapkan, jajaran manajemen unit kerja di UNJ yang mendapat ISO untuk tetap mempertahankan kinerja yang lebih baik lagi, sesuai aturan dan menghasilkan produktivitas yang tinggi.

"PeraihanISO 9001:2008 di tiga unit kerja UNJ diharapkan ketiganya menjadi contoh bagi unit kerja lain yang belum mendapatkannya," ujarnya.

Rektor menyatakan optimis bahwa 15 unit kerja di UNJ pada tahun 2010 akan mampu meraih ISO 9001:2008 sehingga mampu mewujudkan kinerja, produktivitas
dan pelayana yang berkualitas internasional, sedang 80 unit kerja UNJ yang lain diharapkan menyusl meraih ISO pada tahun mendatang.

UNJ yang kini memiliki sekitar 20.000 mahasiswa program diploma, S-1, S-2 dan S-3, serta mempunyai tenaga dosen sekitar 1.000 orang, dan 600 karyawan tersebut bertekat meningkatkan kualitas manajemen sesuai ISO tersebut sehinggga menjadi universitas yang unggul di negeri ini.

Sementara itu, Direktur WQA Novian Abraham Putra dalam sambutannya mengatakan, meraih ISO 9001:2008 lebih mudah dibanding mempertahankannya.

Oleh karena itu, ia meminta agar manajemen UNJ untuk terus bekerja sesuai standar manajemen internasional sebagaimana ditetapkan ISO, sehingga setiap enam bulan akan mendapat audit sesuai ISO.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010