Beirut (ANTARA News/AFP) - Meriam-meriam anti pesawat Lebanon menembaki empat pesawat tempur Israel yang melanggar wilayah udara negara itu, Senin, kata militer.

Meriam-meriam anti pesawat militer menembaki empat pesawat musuh yang terbang di daerah (selatan) Marjayoun pagi ini," kata seorang juru bicara militer yang tidak bersedia namanya disebutkan kepada AFP.

Seorang koresponden AFP di Lebanon selatan mengatakan sekitar 70 peluru ditembakkan ke empat pesawat tempur Israel itu.

Seorang juru bicara PBB di Lebanon mengatakan penerbangan itu melanggar Resolusi Dewan Keamanan PBB nomor 1701, yang mengakhiri perang antara Israel dan kelompok Hizbullah Syiah Lebanon tahun 2006.

"Kami telah mengumumkan sejumlah pesawat Israel terbang di wilayah udara Lebanon akhir pekan lalu,yang melanggar Resolusi PBB nomor 1701," kata wakil juru bicara pasukan perdamaian PBB UNIFIL Andrea Tenenti .

"Kami telah, seperti yang selalu kami lakukan , memprotes keras pelanggaran-pelanggaran ini kepada Pasukan Pertahanan Israel dan melaporkan hal itu kepada Dewan Keamanan PBB," katanya kepada AFP.

Israel menyatakan penerbangan-penerbangan itu perlu dilakukan, walaupun Resolusi 1701, untuk memantau apa yang dikatakannya penyelundupan senjata dalam jumlah besar oleh Hizbullah yang melanggar resolusi yang sama.

Kendatipun militer Lebanon menyiarkan laporan-laporan hampir setiap hari tentang pelanggaran-pelanggaran Israel atas wilayah Lebanon , militer jarang melepaskan tembakan kecuali pesawat-pesawat itu terbang dalam jangkauan tembak meriam-meriamnya.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010