Beijing (ANTARA) - Saham-saham China berakhir lebih tinggi pada perdagangan Kamis, rebound dari penurunan sehari sebelumnya terangkat laporan keuntungan industri yang lebih kuat, saat investor global menunggu prospek kebijakan moneter dari Ketua Fed.

Keuntungan industri China tumbuh untuk bulan ketiga berturut-turut pada Juli dan pada laju tercepat sejak Juni 2018, data dari Biro Statistik Nasional (NBS) menunjukkan.

Indikator utama pasar saham China, Indeks Komposit Shanghai naik 0,61 persen menjadi berakhir di 3.350,11 poin, sementara Indeks Komponen Shenzhen di bursa kedua China ditutup 0,79 persen lebih tinggi pada 13.535,09 poin. Nilai transaksi gabungan saham yang mencakup kedua indeks tersebut menyusut menjadi 837,84 miliar yuan (sekitar 121,6 miliar dolar AS) dari 978,54 miliar yuan (sekitar 141,61 miliar dolar AS) pada hari perdagangan sebelumnya.

Sebagian besar sektor menguat, dengan saham di sektor manufaktur elektronik memimpin. Saham otomotif, serta saham yang terkait dengan produksi peralatan mekanik, makanan dan minuman, dan pertahanan negara, juga naik cukup signifikan.

Sementara itu, indeks ChiNext yang melacak saham-saham perusahaan sedang berkembang di papan bergaya Nasdaq China, terangkat 1,7 persen menjadi ditutup pada 2.689,17 poin.

Baca juga: Saham China ditutup lebih rendah setelah bervariasi sehari sebelumnya
Baca juga: Saham China dibuka lebih tinggi, lanjutkan kenaikan dua hari beruntun
Baca juga: Saham China ditutup menguat, lanjutkan kenaikan akhir pekan lalu


Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020