Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia dan Laos menjajaki rute penerbangan baru, langsung Jakarta-Vientiane, kata juru bicara Departemen Luar Negeri Indonesia, Tengku Faizasyah, Rabu.

"Menlu Marty Natalegawa dalam kunjungannya ke Laos pada 10-11 Januari lalu telah bertemu dengan presiden dan menlu Laos guna membahas kemungkinan dibukanya rute penerbangan langsung Jakarta-Vientiane serta percepatan penyelesaian perjanjian bebas visa bagi pemegang paspor biasa kedua negara," kata Faizasyah.

Dia menjelaskan, dalam pertemuan itu, kedua belah pihak setuju melakukan berbagai upaya meningkatkan kerjasama bilateral kedua negara di berbagai bidang, termasuk bidang politik, keamanan, perdagangan, dan pertanian.

Dalam kaitan ini, kata Faizasyah, kedua belah pihak memandang saling kunjung di antara pejabat pemerintah kedua negara, kalangan bisnis, dan masyarakat pada umumnya, perlu ditingkatkan.

Marty juga menyampaikan undangan kepada Deputi PM/Menlu Laos untuk menghadiri Joint Commission on Bilateral Cooperation Indonesia-Laos ke-3 yang akan diselenggarakan tahun 2010 di Yogyakarta.

Menlu RI juga menyampaikan selamat atas keberhasilan Laos dalam menyelenggarakan SEA Games XXV pada 9-18 Desember 2009, yang disambut Presiden Choummaly Sayasone dan DPM/Menlu, Thongloun Sisoulith, dengan memberi apresiasi balik atas dukungan Indonesia terhadap perkembangan olahraga di Laos.

Dukungan Indonesia dalam bentuk pengiriman pelatih pencak silat ke Laos telah membuahkan hasil dengan keberhasilan Laos meraih medali dalam SEA Games.

Laos juga menyampaikan selamat dan dukungannya kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah SEA Games XXVI pada tahun 2011. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010