Bau mulut muncul saat pakai masker, benarkah?

Bau mulut muncul saat pakai masker, benarkah?

Ilustrasi seseorang mengenakan masker (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Seringkali sulit untuk mengabaikan aroma napas Anda sendiri saat memakai masker. Bau yang biasanya tidak Anda perhatikan menjadi tercium. Apakah Anda benar-benar memiliki bau mulut atau halitosis selama ini tanpa menyadarinya, dan masker membantu Anda menyadarinya atau masker yang menyebabkan munculnya bau mulut?

“Saat masker menutupi hidung dan mulut, konsentrasi bau mulut meningkat, memungkinkan kita untuk menciumnya. Tanpa masker, seseorang yang memiliki bau mulut mungkin tak menyadarinya," kata Dr Edwin Chng, direktur medis Parkway Shenton seperti dilansir Channel News Asia.

Bagaimana bau mulut bisa tercium saat pakai masker?

Konsultan senior di National Dental Centre Singapore's Department of Restorative Dentistry, Periodontic Unit, Koh Chu Guan mengatakan, ada bakteri yang hidup di mulut Anda sepanjang waktu.

Baca juga: Kekuatan masker cegah penularan COVID-19 tak melulu soal cara pakai

Baca juga: Berjerawat karena mengenakan masker? Ini tips perawatannya

Saat Anda bernafas, udara lembap dan bau busuk yang dihasilkan bakteri terperangkap di kain masker. Saat tetesannya mengering, mereka meninggalkan bau di kain masker.

"Kainnya mungkin tidak masalah. Jika bahannya tipis, maka mungkin memerangkap lebih sedikit udara dan karenanya, pemakainya mungkin kurang menyadari halitosis," kata dia.

Selain itu, Anda bisa menggunakan mulut untuk bernapas saat memakai masker dan itu bisa menyebabkan efek mengeringkan. Mulut yang lebih kering, terutama jika Anda tidak minum cukup air, dapat menyebabkan bau mulut.

"Kondisi ini diperburuk jika Anda merokok atau mengonsumsi minuman diuretik seperti kopi," tutur Koh.

Untuk mengetahui Anda bau mulut atau tidak, lepaskan masker Anda dan bernapaslah sembari menutup hidung dan mulut dengan telapak tangan.

"Bau tidak akan muncul karena masker. Bahkan jika Anda telah melawan halitosis selama ini, memakai masker tidak memperburuknya," ujar Koh.

Baca juga: Penyebab bau mulut, penumpukan sisa makanan hingga kawat gigi

Baca juga: Agar krisis Halitosis terkikis habis

Baca juga: Sudah menyikat gigi tetapi masih bau mulut? Ini penyebabnya

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Manfaatkan limbah masker sekali pakai jadi bahan bakar alternatif

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar