Samarinda (ANTARA News) - Kesebelasan Persisam Putra Samarinda berhasil menekuk tamunya, Persib Bandung 2-1 pada laga lanjutan Indonesia Super Liga (ISL) yang berlangsung di Stadion Segiri Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa.

Persib unggul terlebih dahulu lewat gol indah yang diciptakan Crhistian Gonzalez di menit ke-23 babak pertama lewat tendangan kaki kirinya setelah menerima umpan lambung dari sektor kiri pertahanan Persisam.

Hanya berselang empat menit, yakni di menit ke-27 babak pertama, legiun asing Persisam, Ronald Fagundes, berhasil menyamakan skor 1-1 melalui tendangan keras dari luar kotak pinalti.

Zaenal Arif menghantar kemenangan tim berjuluk Elang Borneo itu 2-1 melalui sundulan kepala menyambut umpan Ronad Fagundes dari lapangan tengah.

"Saya sudah menginstruksikan kepada pemain untuk bermain menekan pada menit-menit awal babak pertama agar bisa mencetak gol," ungkap Pelatih Persib Bandung, Jaya Hartono, kepada wartawan usai pertandingan.

Saat wasit meniup peluit tanda pertandingan dimulai, pemain Persisam langsung menggempur jantung pertahanan Persib.

Peluang Persisam tercipta di menit ke delapan babak pertama, namun tendangan Zaenal Arif yang sudah berhadapan dengan penjaga gawang Persib, Cecep Supriatna, tidak berbuah gol dan bola melenceng di samping gawang.

Tampil dihadapan ribuan pendukungnya yang memadati Stadion Segiri Samarinda, Persisam terus membangun serangan dari lapangan tengah.

Tendangan keras Danilo Fernandes di menit ke-16 babak pertama, juga belum membuahkan gol dan bola masih berhasil jatuh ke pelukan Cecep Supriatna.

Sementara, Persib yang dimotori Maman Abdurahman juga berupaya menembus barisan pertahanan Persisam.

Melalui serangan yang dibangun dari sektor kiri pertahanan Persisam, Crhistian Gonzalez yang menerima umpan lambung dari Atep dengan mudah menyarangkan bola ke gawang Wawan Hendrawan sehingga Persib berhasil unggul 1-0.

Tertinggal 0-1 anak asuh Aji Santoso itu mencoba meningkatkan tempo permainan.

Hasilnya, hanya berselang empat menit, Ronald Fagundes berhasil menjebol gawang Cecep Supriatna melalui tendangan keras dari luar kotak pinalti sehingga mengubah skor 1-1.

"Saya tidak tahu, mengapa pemain kami khususnya di lini belakang bermain sangat hat-hati padahal saya sudah menginstruksikan agar mereka terus bermain menekan," ujar Jaya Hartono.

Setelah berhasil menyamakan skor, pemain Persisam terus membombardir benteng pertahanan Persib.

Upaya Hamka Hamzah dkk akhirya kembali berbuah gol di menit ke-38 babak pertama lewat sundulan kepala Zaenal Arif yang menerima umpan Ronald Fagundes dari lapangan tengah sehingga mengubah skor 2-1 untuk Persisam.

"Akibat bermain sangat hati-hati, Cecep Supriatna terpaksa keluar dari gawang dan inilah petaka bagi kami sehingga gol kedua Persisam bisa tercipta," kata pelatih Persib Bandung tersebut.

Tertinggal 1-2 pemain Persib mencoba membalas dengan terus melancarkan serangan ke jantung pertahanan Persisam.

Namun, serangan anak asuh Jaya Hartono itu masih berhasil dipatahkan barisan pertahanan Persisam yang dikoordinir Hamka Hamzah.

Hingga akhir babak pertama usai, skor tetap 2-1 untuk Persisam.

Memasuki babak kedua, para pemain Persisam kembali meningkakan tempo permainan.

Legiun asing persisam asal Brazil, Danilo Fernandes nyaris memperbesar keunggulan di menit awal babak kedua, namun tendangan kerasnya masing melambung diatas mistar gawang Persib.

"Permainan anak-anak kali ini cukup maksimal sehingga walaupun Persib terus menekan di babak pertama namun kami berhasil mengatasi bahkan mencetak dua gol," kata Pelatih Persisam, Aji Santoso.

Sebuah peluang persib tercipta di menit ke-51 babak kedua, namun tendangan Eka Ramdani dari luar kota pinalti juga masih melambung diatas mistar gawang Persisam.

"Pertadingan ini cukup menarik sebab kedua kesebelasan tampil saling menyerang. Tidak seperti pada pertandingan sebelumnya, Hamkah Hamzah tetap berada di barisan pertahanan karena sangat riskan jika dia ditarik kedepan dengan kondisi kami unggul," ujar Aji Santoso.

Hingga wasit meniup peluit pajang, tanda pertandingan babak kedua usai, skor tetap 2-1 untuk Persisam.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010