London (ANTARA News/Reuters) - Kisah roman mungkin terjadi setiap hari, tapi menemukan cinta sejati di London sama langkanya dengan menemukan makhluk asing di galaksi, demikian komentar seorang ahli ekonomi yang berpusat di ibu kota Inggris tersebut.

Peter Backus, seorang asisten pengajar ekonomi di University of Warwick, telah menghitung bahwa ia memiliki peluang 0,00034 persen peluang untuk mendapatkan cinta di ibu kota Inggris itu, dengan menggunakan persamaan "Drake" --yang digunakan para ilmuwan untuk menentukan potensi jumlah Bumi lain di galaksi.

Ahli astrologi dan astronomi Amerika Frank Drake mengabadikan namanya jadi bentuk persamaan pada awal 1960-an.

Backus, yang berusia 30 tahun dan tinggal di kapal kecil di London tengah, bahkan tak menetapkan ketentuan khusus buat pasangannya, dan hanya menetapkan perempuan itu harus berpusat di London serta berusia 24-34 tahun, ditambah pendidikan tingkat universitas.

"Saya tak berusaha menjadi orang elite atau apa pun juga," kata Backus mengenai persyaratan pendidikannya. "Setiap orang memiliki pilihan. Saya hanya berpendapat kami akan memiliki banyak kesamaan."

Saat menyatakan bahwa peluangnya makin berkurang, Backus telah memperkirakan ia secara fisik hanya menarik lima persen perempuan yang memenuhi semua kriteria tersebut.

Itu berarti ada sebanyak 10.500 perempuan di Inggris yang memenuhi semua syarat bagi Backus, katanya --hanya sedikit di atas 10.000 potensi peradaban komunikasi yang mungkin ada di Galaksi Bima Sakti menurut persamaan Drake.

Jadi, hanya 0,14 persen perempuan London dan 0,017 persen warga Inggris memenuhi persyaratan Backus sendiri, katanya.

Namun satu hubungan memerlukan dua orang.

Jika perempuan impian ahli ekonomi itu sama rewelya dengan dia, maka peluangnya untuk mendapatkan seorang perempuan yang akan membalas cintanya merosot jadi hanya 0,00034 persen, katanya.

"Ada 26 perempuan di Inggris yang mungkin memiliki hubungan sangat baik dengan saya. Jadi, jika saya keluar malam di London, ada 0,00034 persen kesempatan bertemu dengan satu orang yang khusus ini," katanya.

"Itu adalah perbandingan, 1 berbanding 285.000. Tidak bagus," katanya.

Namun cinta tetap saja dapat mengatasi keanehan di depan mata orang. Sejak menulis dokumennya mengenai persamaan untuk menemukan cinta, Backus telah mulai berkencan dengan tetangganya, Rose.

Rose memenuhi syarat dalam hal usia, memiliki gelar universitas dan juga tinggal di kapal.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010