THE World University Ranking: UI perguruan tinggi terbaik di Indonesia

THE World University Ranking: UI perguruan tinggi terbaik di Indonesia

Gedung Rektorat Universitas Indonesia. ANTARA/HO-Humas UI/am.

Depok (ANTARA) - Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi Dunia Times Higher Education (THE) kembali merilis daftar World University Rankings (WUR) 2021 melalui laman https://www.timeshighereducation.com/world-university-rankings dan UI berada dalam kelompok peringkat 801 - 1000 dunia dan menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro dalam keterangannya, Sabtu, mengatakan ini merupakan pencapaian besar dan menunjukkan bahwa Indonesia dan UI khususnya, semakin dikenal masyarakat global dan tetap menjadi yang terbaik di Indonesia.

Ari mengatakan di tengah situasi yang tidak mudah saat ini sebagai dampak dari pandemi COVID-19, UI tetap berkomitmen menghadirkan solusi atas permasalahan COVID-19 melalui aktivitas inovasi, riset, dan pengabdian masyarakat.

"Kontribusi para tenaga pengajar, peneliti, tenaga kependidikan, dan mahasiswa serta berkolaborasi dengan industri, pemerintah, dan masyarakat mampu membuat UI semakin melesat dan berdampak bagi negeri," ujarnya.

Baca juga: Mahasiswa UI rancang batu bata ramah lingkungan dari lumpur Lapindo

Baca juga: Dua mahasiswa UI siap berkompetisi di Mapres Nasional 2020


Peringkat Universitas Indonesia (UI) berada dalam kelompok peringkat 801 - 1000 dunia dan menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia. UI menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi dari Indonesia yang masuk ke dalam grup ini. Sebanyak 1.500 Perguruan Tinggi di 93 negara di dunia yang masuk ke dalam Pemeringkatan THE WUR 2021.

Lembaga pemeringkatan THE secara konsisten menitikberatkan indikator penilaian berdasarkan Performa Pengajaran (kegiatan belajar mengajar); Penelitian; Transfer dan Sharing Keilmuan serta Cakupan Internasional sebuah universitas. UI memperoleh total skor 25,1 – 30,1 dengan capaian per indikator yaitu Performa Pengajaran dengan skor: 37,6; Penelitian: 20,7; Performa Sitasi Karya Ilmiah : 15,2 ; Sinergi dunia industri: 84,5 ; dan Cakupan internasionalisasi: 51,3.

Performa UI yang paling menonjol adalah performa sinergi dunia industri. THE menggunakan indikator ini untuk menilai kemampuan universitas di dalam mendukung industri melalui terobosan inovasi, penemuan maupun ide atas kebutuhan industri maupun masyarakat.

UI berfokus agar dapat menjadi think tank serta memecahkan permasalahan yang ada di tengah masyarakat. Dengan fokus pada tiga rumpun penelitian yaitu penelitian kesehatan, sosial humaniora dan sains teknologi, UI berkomitmen menghasilkan solusi yang bermanfaat bagi industri serta masyarakat.

Meskipun pandemi COVID-19 tengah melanda, perguruan tinggi sejatinya harus tetap membuka diri dengan dunia global. Dengan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi saat ini, sivitas akademika UI tetap terlibat di dalam kompetisi internasional, memperluas kolaborasi riset dengan perguruan tinggi lintas benua, memperkuat jaringan perguruan tinggi melalui keterlibatan dalam asosiasi regional dan internasional.

Pencapaian ini bukan milik UI saja melainkan juga prestasi bangsa bahwa Pendidikan Tinggi di Indonesia telah diakui oleh dunia. Sebagai lokomotif perguruan tinggi di Indonesia, UI akan melesat maju menjadi perguruan tinggi yang mampu berkontribusi lebih untuk meningkatkan pertumbuhan dan daya saing nasional di tingkat global, mempromosikan inovasi dan kewirausahaan serta mengatasi tantangan sosial.*

Baca juga: UI-BPK kerja sama perkuat sinergitas dan koordinasi

Baca juga: Kampus UI Depok uji coba aspal berbahan sampah plastik multilayer

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Strap masker berbahaya, Epidemiolog UI sarankan ini

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar