Kuala Lumpur (ANTARA News/AFP) - Unggulan pertama Lee Chong Wei kembali membuktikan bahwa Malaysia Terbuka merupakan turnamen favoritnya setelah memastikan gelar juara untuk keenam kalinya di tunggal putra, Minggu.

Lawannya di final, Boonsak Ponsana dari Thailand, tidak dapat meredam kecepatan Lee yang meraih gelar di negaranya sendiri melalui kemenangan 21-12 21-7 dalam waktu 34 menit.

Pekan lalu Lee juga berhasil meraih gelar Super Series pada Korea Tebuka di Seoul.

Lee mengatakan bahwa tahun ini ia mengincar sukses berikutnya pada kejuaraan dunia di Paris Agustus mendatang, Pesta Olah Raga Persemakmuran di New Delhi bulan Oktober, dan Asian Games di Guangzhou November.

"Saya telah melewati dua turnamen berat dan saya tidak menyangka dapat main bagus.

Saya ingin mempertahankan performa saya sepanjang tahun dan tampil bagus di turnamen-turnamen besar," katanya.

"Dua turnamen berikutnya adalah All England dan Swiss Terbuka Maret mendatang. Di sana saya ingin menghadapi rival saya Lin Dan dari China," ujarnya.

Pada tunggal putri Wang Xin dari China tampil sebagai juara setelah lawannya di final, Bae Youn-Joo dari Korsel mengundurkan diri karena cedera kaki saat bertanding.

Bae sempat merebut game pertama 21-19, namun Wang Xin dapat bangkit untuk memenangi game kedua 21-178.

Pada game penentunan Wang Xin unggul 14-6 sebelum lawannya mengundurkan diri.

China juga meraih tropi pada ganda putri melalui pasangan juara Olimpiade Du Jing/Yu Yang yang mengalahkan rekan senegaranya dan peringkat satu dunia Man Jin/Wang Xiaoli 21-16 21-12.

Juara ganda campuran juga diraih pasangan China Tao Jiaming/Zhang Yawen yang menaklukkan Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl dari Denmark 19-21 21-18 21-15.

Malaysia menambah gelar juara pada ganda putra setelah pasangan nomor satu dunia Koo Kien Keat/Tan Boon Heong menang atas Xu Chen/Guo Zhendong dari China melalui pertarungan ketata dengan skor akhir 21-15, 17-21, 21-16.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010