Jambi, (ANTARA News) - Satu ekor gajah keluar dari arena sirkus yang digelar di Desa Kumpeh Kasang, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muarojambi pada Minggu (24/1) pukul 15.00 WIB dan sempat menginjak seorang penonton sampai mengalami patah tulang kaki.

Kabid Humas Polda Jambi, AKBP Almansyah di Jambi, Senin, korban yang bernama Maya (10) mengalami patah tulang kaki sebelah kiri diduga akibat terinjak seekor gajah yang keluar dari arena sirkus.

"Akibat keluarnya gajah dari arena sirkus itu, ratusan pengunjung atau penonton berdesak-desakkan ke luar arena, sehingga gadis malang berusia 10 tahun itu terinjak gajah," katanya.

Selain Maya penonton lainnya juga mengalami luka ringan akibat terjatuh, dan korban kini dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raden Mataher Jambi.

Kejadian itu berlangsung cepat dan singkat, namun gajah itu berhasil dijinakkan oleh pawang penyelenggara hiburan sirkus tersebut, dan kasus itu kini ditangani Polda Jambi.

Polda Jambi sudah mengamankan ketua penyelenggara kegiatan sirkus itu, Ratna Nasution untuk dimintai keterangan lebih lanjut, dan sebagai penanggung jawab kegiatan itu.

Atas peristiwa tersebut, kegiatan hiburan rakyat itu dihentikan sementara hingga kondisi betul-betil aman dan pihak penyelenggara menjamin tidak akan terjadi peristiwa yang sama.

Pihak penyelenggara juga diperintahkan supaya memperhatikan faktor keamanan penonton, agar terhindar dari bahaya diserang binatang atau terkena peralatan sirkus.

Diakui sarana hiburan seperti sirkus menjadi daya tarik tersendiri bagi warga, khusunya di Jambi yang minim dengan sarana hiburan sehingga arena sisrkus itu selalu dipenuhi pengunjung.

"Pengalaman tersebut hendaknya jadi pelajaran bagi penyelenggara supaya benar-benar memperhatikan keamanan arena di semua sisi, terutama bagi keselamatan penonton," kata Almansyah.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010