Melbourne (ANTARA News/AFP) - Roger Federer menunjukkan dominasinya dalam menghadapi rival lamanya Lleyton Hewitt dari Australia, dan lolos ke babak perempat final Australia Terbuka, Senin.

Unggulan pertama dari Swiss itu menang atas unggulan 22 Hewit 6-2 6-3 6-4 dalam pertemuan mereka yang ke-25.

Dari 25 pertemuan itu, 15 di antaranya dimenangi Federer.

Hewitt memenangi memenangi delapan dari 10 pertemuan pertama, namun selanjutnya tidak pernah bisa mengalahkan petenis Swiss itu sejak 2003.

Pada babak perempat final, Federer yang telah 15 kali memenangi grand slam, akan ditantang Nikolay Davydenko yang telah mengalahkannya dalam dua pertemuan terakhir.

"Nikolay adalah pemain yang bagus. Ia bergerak sangat bagus dan menyulitkan lawan," kata Federer.

Petenis Rusia unggulan enam itu lolos ke perempat final setelah mengalahkan unggulan sembilan Fernando Verdasco dari Spanyol 6-2 7-5 4-6 6-7(5) 6-3.

Sementara itu pada pertandingan lainnya, Jo-Wilfried Tsonga mencatat kemenangan lima set pertamanya saat melawan Nicolas Almagro.

Petenis Prancis berusia 24 tahun itu memerlukan waktu tiga setengah jam untuk mengalahkan Almagro 6-3 6-4 4-6 6-7 9-7.

"Menyenangkan, dapat memenangi pertandingan lima set, pertama kalinya bagi saya," kata Tsonga, petenis peringkat 10 dunia.

Di perempat final Tsonga akan menantang Novak Djokovic, yang pernah mengalahkannya di final 2008.

Petenis Serbia unggulan ketiga itu tidak menemui kesulitan di babak keempat dengan mengalahlan Lukasz Kubot dari Polandia 6-1 6-2 7-5.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010