Paris (ANTARA News/AFP) - Penjualan obligasi pertama Yunani tahun ini menarik empat kali lebih banyak daripada jumlah yang dicari pada Senin, karena imbal hasil (yield) jatuh dari tertinggi bersejarah dalam sebuah tanda tentatif kepercayaan investor yang lebih besar.

Yunani sedang mencari hingga lima miliar euro (7,1 miliar dolar) tetapi jumlah yang ditawarkan berkisar hingga 20 miliar euro, Dow Jones Newswires melaporkan.

Hasil atas obligasi Yunani berada di 6,126 persen pada 1435 GMT -turun dari 6,261 persen pada Jumat pukul 1700 GMT dan puncak sebelumnya pada 6,320 persen Jumat.

Tingkat imbal hasil dan tingkat bunga tersebar antara Yunani dan Jerman 10-tahun mengenai tingkat obligasi terlihat sejak Yunani bergabung dengan zona euro pada tahun 2001.

Tingkat hasil yang tinggi adalah tanda dari risiko yang dirasakan dalam membeli surat utang negara.

Yunani telah terpukul oleh tiga penurunan peringkat kredit sebagai reaksi atas kekhawatiran utang dan defisit publik negeri ini yang sangat besar, yang mencapai 12,7 persen dari keluaran tahun lalu, jauh di atas batas atas 3,0 persen untuk anggota zona euro.

Pemerintah Sosialis, yang terpilih pada Oktober, telah mengusulkan rencana sejak krisis tiga tahun untuk memangkas defisit menjadi 2,8 persen dari output 2012.

Pemerintah berencana untuk meminjam 54 miliar euro di pasar utang tahun ini. (*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010