New York, (ANTARA News) - Satu lukisan penting Pablo Picasso rusak setelah seorang perempuan yang mengikuti pelajaran seni kehilangan keseimbangan, jatuh menimpa lukisan "The Actor" dan merobeknya, demikian laporan The Metropolitan Museum of Art.

Kanvas yang sangat besar, dengan ukuran panjang 77,25 dan lebar 45,38 inci, terkoyak secara vertikal sekitar enam inci di sudut kanan bawah dalam peristiwa tersebut, sebagaimana dikutip dari AFP.

Museum itu, yang berada di ujung timur Central Park, New York, tak menjelaskan mengapa perempuan tersebut terjatuh.

Namun The Met menyatakan kerusakan itu tak berdampak pada :bagian penting susunan tersebut" dan itu dapat diperbaiki dalam beberapa pekan ke depan sebelum peninjauan kembali karya Picasso yang menggelar sebanyak 250 karya pelukis terkenal tersebut dalam pembukaan museum pada 27 April.

Kegiatan perbaikan "tak perlu rendah hati", katanya.

Karya itu, yang dilukis pada musim dingin 1904-1905, berasal dari Masa Rose, yang kritis, ketika seniman tersebut beralih dari Masa Suramnya ke kondisi yang lebih hangat dan lebih romantis.

Masa tersebut juga mengisyaratkan tindakan Picasso untuk lebih menekuni jalur abstrak dengan kaya kubusnya.

Lukisan "The Actor", yang disumbangkan kepada The Met oleh pewaris perusahaan mobil Thelma Chrysler Foy pada 1952, menggambarkan pose dramatis dengan latar-belakang abstrak. Lukisan itu dituangkan di atas kanvas bekas yang sudah berisi satu lukisan.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010