Jakarta (ANTARA News) - Pemprov DKI menyatakan siap mengantisipasi demonstrasi besar-besaran bertetapan dengan genap 100 hari pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kamis besok (28/1, demikian Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo di Jakarta, Rabu.

"Setiap orang punya hak mengutarakan pendapatnya," sambung Fauzi usai rapat Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) dengan Polda Metro Jaya dan instansi terkait di Balaikota Jakarta, Rabu, dalam upaya pengamanan esok.

Polda Metro Jaya sendiri akan mengerahkan 9.400 personil, Satpol PP DKI 4.000 personil di beberapa tempat yang menjadi sasaran demonstrasi yakni Bundaran Hotel Indonesia, Istana Negara, Istana Wakil Presiden, Mahkamah Konstitusi, Komisi Pemberantasan Korupsi dan dan MPR/DPR.

Demonstrasi akan diikuti 114 elemen masyarakat yang menyatakan akan mengumpulkan hingga 30 ribu massa untuk berdemonstrasi mengenai kepemimpinan Presiden Yudhoyono dalam 100 hari pertamanya.

Untuk menjamin aksi berjalan tertib, Gubernur mengatakan demonstran akan dikawal polisi sehingga tak mengganggu kepentingan masyarakat lain untuk tidak berdemonstrasi.

"Kita akan memfasilitasi semuanya agar berjalan dengan baik. Yang penting kita siap untuk mengantisipasi demo besok," tegasnya.

Selain Polda Metro Jaya dan Satpol PP DKI, Gubernur mengatakan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar dan PB) DKI, Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan juga sudah siap siaga memberikan bantuan.(*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010