Jakarta (ANTARA News) - Indonesia melalui Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menekankan pentingnya rekonsiliasi antarberbagai kelompok di Afghanistan, demikian dinyatakan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Tengku Faizasyah, di Jakarta, Jumat.

"Menlu dalam konferensi mengenai Afghanistan di London pada Kamis (28/1) telah menyampaikan imbauan rekonsiliasi di Afghanistan guna menciptakan perdamaian di negara itu," kata Faizasyah.

Dalam pertemuan di London tersebut, Indonesia juga menyatakan kesiapan untuk membantu pembangunan kapasitas di Afghanistan.

Menurut Faizasyah, Indonesia sejak tahun 2003 telah memberi berbagai pelatihan di berbagai sektor seperti pertanian, pendidikan dan ilmu pengetahuan teknologi.

"Menlu juga menggarisbawahi pentingnya peran negara-negara kawasan dalam mendukung kestabilan dan perdamaian di Afghanistan," kata Faizasyah.

Konferensi mengenai Afghanistan di London, Kamis (28/1), yang dihadiri menteri luar negeri dan pejabat tinggi dari 70 negara membahas mengenai perkembangan situasi di Afghanistan dan langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mendukung perdamaian di sana. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010