London,(ANTARA News) - Kapten Irlandia Robbie Keane meninggalkan Tottenham Hotspur dan beralih dengan sistem sewa ke Celtic, Senin, setahun setelah bergabung dengan Spurs sejak berada tidak lama di Liverpool.

Keane (29), yang mencetak sembilan kali untuk Spurs musim ini, termasuk menang 5-0 di Burnley, September, bergabung dengan klub London itu pada 2002 dan mencetak 91 gol dalam 226 penampilan bersama klub itu, sebagaiman dikutip dari Reuters.

Pelatih Harry Redknappmenurunkan Keane sebagai ujung tombak bergantian dengan Jermain Defoe, Peter Crouch dan juga Roman Pavlyuchenko, tetapi ia diijinkan disewa klub lain menyusul kedatangan Eidur Gudjohnsen di White Hart Lane minggu lalu.

"Ini merupakan peralihan bagus. Robbie butuh bermain," kata Redknapp kepada Sky.

"Ia pemain bagus dan ia harus main di mana saja, ketimbang tidak turun secara berkelanjutan," katanya.

"Sulit menjamin Robbie untuk tetap bermain dalam tiap pertandingan, padahal ia tidak gembira bila tidak diturunkan," katanya.

Keane kelihatannya memiliki opsi untuk bermain terus di Celtic secara permanen. Ia juga sudah bermain di Wolverhampton Wanderers, Coventry

City, Inter Milan dan Leeds United selama menekuni karirnya dan ia merupakan pencetak gol terbanyak di Irlandia dengan 41 gol internasional dalam 96 penampilannya.(A008/A024)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010