Birmingham (ANTARA News) - Aston Villa sedang mempertimbangkan untuk melakukan gerakan pada Januari, dengan mendatangkan Robbie Keane yang sekarang bermain untuk LA Galaxy, dengan status pemain pinjaman.

Menurut Birmingham Mail, ide meminjam Keane serupa dengan niat Arsenal untuk meminjam Thierry Henry selama dua bulan dari New York Red Bulls. Hal ini mungkin terwujud karena Liga Amerika Serikat (MLS) sedang memasuki masa libur.

Manajer Villa, Alex McLeish, merupakan pengagum Keane sejak lama, dan ketika ia masih menangani Birmingham City, McLeish sempat mencoba untuk mendatangkan penyerang tersebut dari Tottenham Hotspur pada Januari tahun lalu dengan biaya transfer enam juta pounds, namun kesepakatan batal terwujud karena beberapa masalah pribadi.

Keane kemudian dipinjam oleh West Ham United untuk paruh kedua musim lalu, sebelum kemudian bergabung dengan Galaxy, dengan biaya transfer sebesar 3,5 juta pounds. Di Galaxy, Keane diikat kontrak selama dua tahun.

Jika Keane bisa didatangkan ke Villa Park pada akhir bulan ini, hal tersebut akan mengakhiri perburuan selama satu setengah tahun oleh klub asal Birmingham ini, yang pernah mencoba mendapatkan tanda tangan Keane dari rival Midlandsnya, Wolverhampton pada 1999.

Keane baru akan kembali ke AS, saat MLS kembali bergulir pada Maret.

Keane sendiri menginginkan dapat bermain pada kompetisi yang kompetitif di saat tim MLSnya sedang libur, karena ia berharap dapat masuk Timnas Republik Irlandia untuk Euro 2012. Bergabung dengan Villa, akan membuat dirinya kembali bertemu dengan rekan-rekannya di timnas, Shay Given dan Richard Dunne.

Villa, yang kalah 0-2 dari tim promosi, Swansea, pada Senin, saat ini menghuni posisi 12 pada klasemen Liga Utama Inggris, demikian AFP melaporkan.

(SYS/H-RF/A016)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012