Saya cuma ingin lihat Beckham"
Jakarta (ANTARA News) - Hari ini, Rabu 30 November 2011, adalah hari istimewa bagi orang-orang Indonesia yang pecinta superstar sepakbola maha terkenal sejagad, David Beckham.

Tanggal ini Beckham akan berada di Stadion Utama Gelora  Bung Karno.  Tentu saja bukan hanya Beckham, tapi juga Landon Donovan, Robbie Keane dan rekan-rekan setimnya di LA Galaxy.

Mereka semua akan melawan jago-jago bola setanah air.

Senin pagi lalu,  Beckham dan rekan-rekannya dari LA Galaxy tiba di Jakarta menggunakan pesawat komersial.   Begitu menginjakkan kaki di Bandara Soekarno-Hatta, seabreg penggemarnya menyambutnya dengan suka cita, bahkan histeris.

Dua hari setelah mereka datang, yaitu hari ini, LA Galaxy akan bertanding dalam laga persahabatan melawan timnas Indonesia Selection di GBK.

Usai itu, Backham dkk akan ber-kiss bye untuk langsung bertolak ke Manila di Filipina, kemudian ke Melbourne di Australia.  Ini adalah rangkaian Asia Pasific Tour klub sepakbola profesional Amerika Serikat itu.

Seperti di banyak tempat di belahan dunia mana saja, nama Beckham juga amat beken di Indonesia, termasuk Jakarta.  Banyak orang yang ingin bersua dengannya, dan tentu saja kaum hawa adalah yang paling meminatinya.

Sayang, tempat menginapnya di Hotel Ritz Carlton dijaga super ketat sehingga Beckham --dan kawan-kawaanya yang juga bintang seperti Robbie Keane-- tidak sembarangan bisa dilihat orang, apalagi dijumpai.

Dan begitu mengetahui ada sesi soccer clinic LA Galaxy untuk anak-anak, sekaligus sesi latihan pertandingan buat hari ini, masyarakat pun tumpah ke GBK.

Kejadiannya Selasa kemarin.  Para pecinta bola itu sudah antri sejak jam 13.00 WIB.  Pintu 1 GBK padat oleh kendaraan peserta soccer clinic yang diundang khusus sponsor pengundang LA Galaxy.

ANTARA News lalu menggali tahu apa yang ada dalam benak masyarakat tentang Beckham dan klubnya itu.

Orang kaya semua

Ilham Nuriadi, sejak azan dzuhur berkumandang hari itu, sudah berada di GBK.  Anak lelaki berusia 10 tahun yang siswa sebuah sekolah dasar ini datang bersama ibundanya untuk mengikuti sesi soccer clinic bersama sang idola, David Beckham.

Malang, Ilham tak bisa mengikuti sesi itu.

"Yang boleh masuk terbatas, hanya undangan saja," kata Nani, ibunda Ilham.

Setelah melihat sendiri apa yang diajarkan oleh sang superstar kepada anak-anak yang beruntung bisa mengikuti soccer clinic bersama LA Galaxy dan Beckham, Nani mengaku rela membayar demi memasukkan anaknya mengikuti sesi itu.

"Anak saya sampai bolos les, kalau bisa bayar saya bayar deh biar bisa masuk," katanya.

Baik sesi latihan maupun soccer clinic bersama anak-anak, dilakukan secara tertutup di GBK.  Hanya tamu undangan sponsor saja yang boleh mengikutinya.

Hasilnya, di GBK hari itu, mobil-mobil mewah milik tamu undangan mengelilingi sebunderan halaman stadion.

Narto Waluyo, seorang pejalan kaki, berceletuk, "Orang kaya semua yang datang nih."

Para penggemar yang bukan undangan hanya bisa menyaksikan dari luar stadion. Dan Beckham adalah pusat gravitasi perhatian mereka.

"Beckham itu tendangannya bagus dan ganteng orangnya," kata Ayu Lestari (21), mahasiswi yang menyempatkan diri mendatangi GBK demi menyaksikan si pirang yang ikonik berlatih bersama rekan-rekannya di LA Galaxy.

"Saya cuma ingin lihat Beckham lagi latihan saja," kata Ayu.

Perempun berjilbab ini mengaku sudah menunggu lama momen kedatangan LA Galaxy. Ia adalah penggemar berat David Beckham. Bahkan dia sudah mengantungi satu tiket kategori 1 untuk laga hari ini.

Darinya diketahui bahwa harga tiket untuk laga siang ini adalah Rp750.000 untuk VIP barat, VIP timur dihargai Rp500.000, Kategori I Rp250.000, Kategori II Rp150.000, dan Kategori III Rp75.000.

Lumayan sedang, tidak terlalu mahal.  Ayu sendiri bilang, tiket-tiket seharga itu cukup murah untuk ukuran tim sekelas LA Galaxy dan bintang dunia sekelas David beckham, Landon Donovan dan Robbie keane.

Sebelum menggelar latihan, anak-anak diberi aba-aba oleh panitia agar duduk 150 meter di sebelah kanan dan kiri lapangan.

Beckham tampil dengan kostum latihan LA Galaxy berwarna biru lengan pendek, memperlihatkan tato di lengannya.  Dia tentu saja mengenakan nomor punggung 23.  

Dia mengenakan ikat kepala berwarna hitam dan sepatu bewarna kuning.  Ia juga mengelilingi lapangan, sebagaimana anggota tim LA Galaxy lainnya.

Senyum terumbar dari bibirnya sepanjang sesi klinik dan latihan.  Anak-anak peserta sesi itulah yang dihadiahi senyumnya.

Mereka semua tak lepas dari jeptretan dan mata para awak media, kendati gerombolan satu ini hanya dibolehkan mengambil gambar dari jauh.

Anak-anak begitu serius menjalani sesi soccer clinic bersama LA Galaxy itu.  Mereka juga dipakaikan kostum sepak bola bertuliskan LA Galaxy berwarna putih.

Di luar stadion, juga dari kejauhan, Ayu dan kerumunan orang menunggui sang idola selesai latihan.  Tak semua menunggu memang, karena beberapa orang hanya sibuk menjajakan pernak pernik sepak bola.  Mereka menjajakan kaos, pin, dan boneka atribut tim nasional Indonesia.

"Kira-kira berapa kosong ya besok (Rabu)?" kata seorang pembeli kaos sambil tertawa.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011