Kemarin, menjelang PSBB total hingga kebijakan PSBB mulai diberlakukan

Kemarin, menjelang PSBB total hingga kebijakan PSBB mulai diberlakukan

Pusat perbelanjaan di Jakarta Utara cederung lengang pada Sabtu (12/9/2020) sore menjelang pemberlakuan PSBB total pada hari Senin, 14 September 2020. ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat

Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa di Jakarta dan sekitarnya termonitor, direkam kemudian disiarkan oleh tim redaksi Metropolitan Kantor Berita Antara pada hari Sabtu (13/9), namun masih layak dibaca untuk mengisi waktu akhir pekan, Minggu.

Mulai dari situasi berbagai wilayah Jakarta menjelang pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat pada Senin tanggal 14 September 2020, pembahasan aturan untuk penerapan PSBB, hingga mulainya pemberlakuan kebijakan-kebijakan PSBB di Jakarta.

Berikut rangkuman informasi di Jakarta yang disiarkan Antara pada Sabtu (13/9):

1. Jelang PSBB total, TMII dikunjungi 3.000 lebih wisatawan

Jakarta (ANTARA) - Pengelola destinasi wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, melaporkan jumlah wisatawan yang berkunjung jelang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Total hingga Sabtu siang mencapai 3.000 orang lebih.

"Sampai pukul 14.00 WIB lebih kurang 3.000-an orang (pengunjung)," kata Kabag Humas TMII Sahda Silalahi di Jakarta, Sabtu.

Baca berita selengkapnya.

2. 19 pasar tradisional di Jaktim terdampak PSBB Total

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 19 dari 33 pasar tradisional di wilayah Jakarta Timur masuk dalam kategori non-esensial akan terdampak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total yang diberlakukan otoritas setempat mulai Senin (14/9).

"Kalau dari data kami ada 14 pasar dengan kriteria esensial (bidang usaha vital), dari total 33 pasar tradisional. Artinya, ada sekitar 19 pasar yang saat ini berkategori non-esensial," kata Kasi Operasional Satpol PP Jakarta Timur Badrudin di Jakarta, Sabtu.

Lihat berita selengkapnya.

3. Pusat perbelanjaan Jakarta Utara lengang jelang PSBB total

Jakarta (ANTARA) - Pusat perbelanjaan di wilayah Jakarta Utara terpantau lengang pada akhir pekan menjelang diberlakukannya PSBB total pada Senin (14/9).

Pantauan ANTARA di Mal Baywalk Pluit pada Sabtu sore, pusat perbelanjaan dan supermarket terlihat lengang dan tidak tampak antrean yang berarti.

Baca berita selengkapnya.

4. Pemprov DKI bahas aturan terkait penerapan PSBB lanjutan

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah merampungkan pembahasan aturan terkait penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar(PSBB) lanjutan di wilayah ibu kota.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan akan segera mengumumkan aturan PSBB lanjutan tersebut pada Minggu (13/9).

Lihat berita selengkapnya.

5. Anies: Tower 4-5 Wisma Atlet kapasitas 2.500 kamar siap tangani OTG

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan Tower 4 dan 5 Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran berkapasitas lebih dari 2.500 kamar disiapkan untuk menangani orang tanpa gejala (OTG) atau gejala ringan yang terpapar COVID-19.

"Itu kapasitas di sana lebih dari 2.500 kamar pakai itu dulu disiapin Tower 4-5," kata Anies di Jakarta, Sabtu.

Baca berita selengkapnya.

6. Pemprov DKI tidak berlakukan SIKM selama PSBB lanjutan

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tidak akan memberlakukan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) lanjutan yang akan diberlakukan pada Senin, 14 September 2020.

"Tidak, untuk mobilitas keluar dan lain-lain tidak," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Sabtu malam.

Lihat berita selengkapnya.

7. Tempat tidur ICU ditambah, okupansi jadi 78 persen

Jakarta (ANTARA) - Tempat tidur pada unit perawatan intensif (ICU) di rumah sakit khusus paparan COVID-19 ditambah oleh Pemprov DKI Jakarta sehingga okupansi (keterpakaiannya) kini menjadi 78 persen.

"Saat ini, 12 September 2020, untuk ICU ada 583 tempat tidur dan terisi 78 persen," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti di Balai Kota Jakarta, Sabtu.

Baca berita selengkapnya.

8. DKI tiadakan 10 kawasan pesepeda lima wilayah per 13 September 2020

Jakarta (ANTARA) - Pemprov DKI Jakarta meniadakan kembali 10 kawasan khusus pesepeda (KKP) di lima wilayah sebagai tindak lanjut dari kebijakan penarikan rem darurat (emergency brake policy) dengan menetapkan PSBB di Jakarta mulai 14 September 2020.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo, Sabtu, mengatakan bahwa kebijakan tersebut untuk menekan angka penularan COVID-19 yang makin tinggi di Ibu Kota.

Lihat berita selengkapnya.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Gubernur Jabar terapkan PSBM di wilayah Bodebek

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar