Mataram (ANTARA News) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri menekankan pentingnya lima prinsip kepemimpinan dalam menentukan sikap atau pengambilan keputusan.

Megawati menekankan lima prinsip kepemimpinan itu saat membuka Konferensi Daerah (Konferda) DPD PDIP Nusa Tenggara Barat (NTB), yang digelar di Mataram, Minggu.

"Jika lima prinsip kepemimpinan itu tidak dipahami secara matang dan komprehensif maka keputusan yang dikeluarkanakan selalu ragu-ragu dan bimbang," ujarnya di hadapan ratusan kader PDIP Se-NTB.

Megawati menyebut kelima prinsip kepemimpinan itu yakni kejujuran, kerendahan hati, keteguhan, keikhlasan dan kesabaran.

"Jika lima-limanya mampu dipahami secara utuh, saya yakin pemerintahan itu akan memiliki legitimasi dan pijakan yang kuat di mata masyarakatnya," ujar Megawati yang didampingi Sekjen DPP PDIP, Pramono Anung dan Ketua DPD PDIP NTB, H. Rahmat Hidayat.

Putri Proklamator RI itu, mengatakan, pemimpin seharusnya tidak terlalu sering mengungkapkan permasalahan ke ruang publik.

"Jika ada masalah dan dikritisi anggota parleman atau masyarakat hendaknya disikapi dengan bijak sambil melakukan evalusi diri, bukannya mengumbar-umbar penderitaan di mata publik," ujarnya.

Menurut Megawati, PDI Perjuangan tetap bersikap tegas dan akan tetap terus mengawal jalannya pemerintahan dengan sikap kritis dan objektif.

Ia mencontohkan, sikap tegas PDIP dalam penanganan kasus Bank Century yang masih bergulir di Pansus DPR.

"Sesuai keputusan dan ketetapan partai maka kasus bailout Century harus dikawal, bahkan saya telah perintahkan semua anggota Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI agar tidak kerja asal-asalan namun didasarkan pada bukti-bukti yang kuat dan bersikap hati-hati," ujarnya. (A058/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010