SINGAPURA, 5 Februari (ANTARA/PRNewswire-Asia-AsiaNet) -- Singapore Emulsion Fuel Pte Ltd (SgEF), pemain inovatif di bidang energi hijau, hari ini mengumumkan pembukaan pabrik listrik tenaga diesel bersih nano-emulsion pertama di Asia. Instalasi itu, yang berada di dalam zona industri Tuas, Singapura, dengan luas 40.000 meter persegi, siap untuk melayani tuntutan yang meningkat akan energi bersih di dalam negeri dan di seluruh wilayah Asia-Pasifik.

Tujuan SgEF ialah menjadi pemasok utama global bahan bakar emulsion dan biofuel alternatif lain. SgEF, penanam modal di SPRING SEEDS Capital, yang didukung oleh Badan Lingkungan Hidup Nasional (NEA) dan Badan Pembangunan dan Bangunan (BCA), berdiri pada 2006 guna menangani ketergantungan global terhadap bahan bakar fosil dan menawarkan pilihan yang dapat hidup terus bagi bahan bakar bio yang ada.

"Tim peneliti kami mengembangkan terobosan bahan bakar emulsion (larutan lemak) yang secara mencolok menurunkan kandungan diesel di dalam bahan bakar bio yang digunakan di pasar hari ini. Kami mencampur diesel dengan air dan tambahan kandungan penurun kadar bio yang sedang menunggu paten," kata Jeremy Ng, Kepala Pejabat Pelaksana di SgEF.

Bersamaan dengan pembukaan instalasi tersebut, SgEF juga memperkenalkan produk bahan bakar emulsion yang mengibarkan nama pabrik tersebut, Super Green Diesel, diesel emulsion khusus buat pembangunan dan bangunan hijau; dan eDiesel, yang ditujukan buat angkutan umum, kelautan dan pelabuhan, dan sektor industri.

Super Green Diesel dan eDiesel menggunakan sebanyak 40 persen lebih sedikit bahan bakar, dan menggantikan 20 persen kandungan diesel dengan air serta 20 persen dengan bahan tambahan.

Kedua produk itu, yang sangat stabil, memiliki penampilan yang jelas - yang membuat keduanya unik dibandingkan dengan diesel emulsion putih yang tersedia secara luas di Inggris, Amerika Serikat dan pasar lain.

"Kejernihan dan kesamaan warna dan kebeningan produk diesel emulsion kami dibandingkan dengan diesel biasa membuat pengendalian kualitas jadi lebih mudah. Yang paling baik, produk kami adalah satu-satunya produk bahan bakar pilihan yang dapat mengurangi karbon dioksida dan gas lain rumah kaca, seperti NO dan NOX," demikian penjelasan Ng.

Penting untuk menyoroti bahwa diesel emulsion SgEF tak memerlukan retrofit atau perubahan mesin apa pun, sehingga membuatnya nyaman dan hemat biaya untuk digunakan oleh perusahaan.

Sebelum peluncuran, SgEF telah melakukan sejumlah percobaan di China, Malaysia, Irlandia, Singapura dan Thailand. Uji-coba laboratorium dan lapangan tersebut telah membuktikan keunggulan diesel emulsion SgEF dalam bidang pengurangan buangan gas berbahaya dan menyediakan sejumlah keuntungan bagi lingkungan hidup dan bagi pelanggan sepeti:

* Peningkatan penghematan bahan bakar sebesar 9 persen.
* Pengurangan asap hitam lebih dari 80 persen.
* Pengurangan panas sisa pembakaran sebanyak 20 persen.
* Pengurangan besar dalam down-time pemeliharaan mesin.
* Peningkatan nyata dalam kualitas udara dan pengalaman mengemudi secara keseluruhan.

Di Singapura, SgEF bermitra dengan SMRT Corporation Ltd selama tiga bulan, dalam melakukan percobaan produk mereka pada bus yang telah menghasilkan penurunan di bawah standard buangan gas. Penggunaan diesel emulsion SgEF mengurangi buangan sampai 75 persen, dalam satu kasus malah membuat satu kendaraan yang sudah layak jalan jadi layak jalan lagi. Percobaan serupa yang dilakukan di Malaysia mengurangi buangan sebanyak lebih dari 80 persen.

Dengan R&D yang lebih baik dan pembukaan instalasi produksi, SgEF mengincar untuk meningkatkan produksi hariannya dari 30.000 liter jadi 100.000 liter dalam 12 bulan ke depan dan kemudian ke kapasitas maksimal harian sebanyak 300.000 liter. Selain untuk menyediakan pasar Singapura, SgEF berencana mengembangkan diri ke tingkat regional. Perusahaan itu telah melakukan kerja sama di Malaysia dengan Pamuri Holding Sdn Bhd, yang disebut Pamuri Green, dan akan segera menyebutkan nama mitra bisnisnya di Indonesia.

"BCA dan NEA di Singapura dan mitra kami di wilayah ini telah sangat mendukung. Pada 2007, sewaktu kami masih berada pada tahap ujicoba, NEA telah memperkenalkan kami kepada satu perusahaan yang akan menjadi pelanggan pertama kami, Poh Lian Construction. Poh Lian sedang mencari penyedia energi pilihan untuk membantu mereka mengelola jejak karbon mereka di daerah permukiman. Mereka sejak itu telah menggunakan Super Green Diesel untuk mesin mereka," kata Ng.

Mengenai Singapore Emulsion Fuel Pte Ltd

Singapore Emulsion Fuel Pte Ltd ("SgEF") adalah perusahaan teknologi yang berpusat di Singapura yang menjadi perusahaan pada Desember 2006 guna menangani ketergantungan global pada bahan bakar fosil. Perusahaan itu memusatkan diri pada pengembangan dan produksi diesel emulsion terobosan dan bahan bakar bio alternative. SgEF, satu perusahaan penanaman modal di SPRING SEEDS Capital, juga didukung oleh Badan Lingkungan Hidup Nasional (NEA) dan Badan Pembangunan dan Bangunan (BCA) di Singapura.

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan kunjungi: http://www.sgef.com.sg

Kontak Pers:

Donna Garcia
Rice Communications bagi SgEF
Mobile: +6597348808
Email: donna.garcia@ricecomms.com

SUMBER: Singapore Emulsion Fuel Pte Ltd

Pewarta:
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2010