Shanghai (ANTARA News/AFP) - Sovereign Wealth Fund/SWF (pengelola aset milik negara) China mengatakan pihaknya menguasai saham dengan nilai total 9,6 miliar dolar AS di belasan perusahaan yang tercatat di AS pada akhir 2009, menurut sebuah laporan kepada regulator sekuritas AS.

Dalam keterbukaan informasi portofolio investasinya, China Investment Corp (CIC) mengatakan saham yang dipegangnya termasuk perusahaan-perusahaan blue-chip AS seperti Citigroup, Morgan Stanley dan Coca-Cola serta perusahaan sumber daya Kanada Teck Resources.

Sahamnya di Morgan Stanley senilai 1,7 miliar dolar dan saham Teck senilai 3,5 miliar dolar, menurut laporan kepada Securities and Exchange Commission (SEC) pada Jumat.

Kepemilikan saham langsung CIC di perusahaan-perusahaan AS juga termasuk saham raksasa baja ArcelorMittal, perusahaan farmasi Pfizer dan Merck dan perusahaan telekomunikasi Motorola dan pemimpin sektor industri lainnya.

SWF yang memiliki sekitar 300 miliar dolar di bawah kelolaannya pada saat ini, diperkirakan memiliki portofolio investasi di luar negeri 110 miliar dolar, menurut sebuah perusahaan riset Z-Ben Advisors, yang berbasis di Shanghai.

"Secara lebih hati-hati data rinci laporan menunjukkan sangat sedikit keterlibatan dengan perusahaan-perusahaan AS dan menunjukkan bahwa eksposur CIC ke AS diciptakan melalui mandat pihak ketiga dan struktur lainnya," katanya.

CIC didirikan pada akhir 2007 untuk membantu China mendapatkan lebih banyak keuntungan alternatif pilihan investasi tradisional: aman tetapi dengan imbal hasil rendah seperti instrumen obligasi negara AS.

Shanghai Securities News melaporkan bahwa SWF pada Januari melaporkan hasil investasi 2009 lebih dari 10 persen, naik dari 6,8 persen pada 2008.(A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010