New York (ANTARA News/AFP) - Saham-saham AS berbalik menguat pada Selasa waktu setempat dari kerugian besar sehari sebelumnya karena meredanya ketegangan pasar keuangan bersama dengan ketakutan atas krisis utang zona euro.

Saham blue-chip Dow Jones Industrial Average melompat 150,25 poin (1,52 persen) menjadi berakhir pada 10.058,64, sehari setelah ditutup di bawah level kunci 10.000 untuk pertama kalinya sejak 4 November.

Indeks komposit Nasdaq naik 24,82 poin (1,17 persen) menjadi 2,150.87 dan indeks pasar yang luas Standard & Poor`s 500 naik 13,78 poin (1,30 persen) menjadi 1.070,52.

Pasar meraung lebih tinggi mulai pembukaan karena para investor percaya Uni Eropa, berdasarkan laporan, akan bergerak untuk mengatasi masalah utang zona euro berpusat di sekitar Yunani.

Saham "menghapus beberapa tinta merah yang diperoleh awal tahun karena masalah utang negara di zona euro sedang berkurang oleh spekulasi pejabat Eropa kemungkinan mendekati rencana untuk membantu upaya Yunani mengendalikan defisitnya," kata para analis Charles Schwab & Co dalam sebuah catatan.

Jerman, ekonomi terbesar zona euro, sedang mempersiapkan rencana bantuan untuk membantu Yunani yang berjuang menyelesaikan masalah utang yang sangat besar, Financial Times Deutschland melaporkan.

Dalam edisi Rabu, surat kabar mengatakan Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schaeuble sedang bekerja di kedua dasar bilateral dan di level Eropa untuk meletakkan sebuah paket bersama membantu Athena.

Utang dan masalah defisit Yunani, Spanyol dan Portugal - yang semuanya termasuk dalam 16 negara zona euro - juga diperkirakan akan tinggi dalam agendapertemuan kunci Uni Eropa pada Kamis.

Berita bahwa presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Jean-Claude Trichet telah meninggalkan pertemuan gubernur bank sentral di Sydney lebih awal untuk menghadiri KTT Uni Eropa di Brussels memicu keyakinan bahwa kesepakatan itu dalam pengerjaan.


Beberapa analis tetap skeptis.

"Kami tidak yakin mengapa akan ada rasa lega atas bantuan," kata Patrick O`Hare dari Briefing.com.

"Sebuah paket bantuan bisa membantu menekan beberapa minat spekulat dalam swap kredit gagal (default) yang mengerikan pasar global, namun masih tidak benar inti dari masalahnya pemerintah yang menghabiskan lebih banyak daripada mengumpulkan pajak," katanya.

Patokan untuk mengukur risiko utang bank Eropa naik ke tujuh bulan Selasa di tengah tingginya kekhawatiran defisit anggaran di Yunani, Portugal dan Spanyol yang beberapa takut juga bisa memiliki dampak pada bangsa-bangsa lain dan mendestabilisasi pemulihan ekonomi global.

"Kita mungkin melihat bantuan itu dalam jangka pendek mendorong rally, yang akan sangat diterima, tapi jangan tidak mengharapkan pola `V` di pasar saham AS hingga masalah utang Eropa mereda," kata Frederic Dickson, kepala strategi pasar untuk DA Davidson & Co.

Di antara saham naik, raksasa minuman AS Coca Cola, naik 2,58 persen menjadi 54,01 dolar karena keuntungan bersihnya melonjak 55 persen pada kuartal keempat, diangkat oleh pertumbuhan volume penjualan di China, India dan emerging market kunci lainnya.

Electronic Arts jatuh 8,75 persen menjadi 15,96 dolar setelah raksasa permainan video ini menawarkan prospek lebih buruk dari yang diperkirakan untuk kuartal saat ini dan tahun fiskal.

McDonald`s naik 1,03 persen menjadi 63,57 dolar karena melaporkan lonjakan penjualan global pada Januari, melampaui perkiraan beberapa analis.

American Airlines naik 13,80 persen menjadi 8,33 dolar setelah Japan Airlines mengatakan akan mempertahankan aliansi yang sudah ada dengan maskapai AS, menolak pendekatan dari saingan Delta Air Lines, naik 10,13 persen menjadi 12,39 dolar.

Pasar obligasi sedikit menurun. Hasil pada obligasi AS 10-tahun naik menjadi 3,633 persen dari 3,592 persen Senin dan pada obligasi 30 tahun lebih tinggi pada 4,568 persen dari 4,522 persen. Harga dan yield obligasi bergerak dalam arah yang berlawanan.  (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010