Buenos Aires, (ANTARA News) - Pintu bagi Riquelme untuk bergabung dengan tim Tango pada Piala Dunia (PD) 2010 tertutup sudah. Mantan pemain legendaris Diego Maradona mengakhiri kampanye untuk mengajak playmaker Juan Roman Riquelme kembali bergabung ke tim nasional (timnas) Argentina.

"Itu merupakan topik yang tertutup," kata pelatih Argentina itu kepada wartawan pada hari Selasa, seperti yang dikutip dari Reuters.

"Aku memanggil Riquelme (Maret lalu) dan dia tidak datang. Aku menyukai gayanya bermain dan aku harap dia kembali ke penampilan terbaiknya untuk Boca Junior yang membutuhkannya."

Media setempat melaporkan bahwa mungkin ada tekanan dari Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) untuk memanggil kembali Riquelme.

Dia menjadi pemain kunci di timnas Argentina saat mencapai perempat final (PD) 2006 dan final Copa America 2007.

Beberapa pihak mengusulkan agar dia kemungkinan terpilih untuk menjalani laga persahabatan melawan Jamaika pada hari Rabu. Pertandingan digelar di pesisir pantai Mar del Plata.

Riquelme tampil sebagai seorang gelandang yang baik dan brilian dalam mengambil tendangan bebas. Dia berselisih dengan Maradona karena ia menuai kritik dengan gaya permainannya yang dikenal lamban.

Maradona, yang menggelar konferensi pers sebelum latihan tim di fasilitas pelatihan AFA di pinggiran Buenos Aires, teguh pada pendirinannya walau menuai kritik atas kebijakannya menyeleksi pemain.

Dia sudah memanggil 100 pemain selama 15 bulan masa kepelatihannya, dan masih berjuang untuk menemukan  sisi mapan selama masa kualifikasi PD."Aku tidak perlu tunduk pada siapapun dan aku akan memilih pemain yang sedang dalam penampilan terbaik," kata Maradona.

"Sepakbola Argentina tidak terlupakan," tambahnya, merujuk pada liga domestik. Argentina sudah memainkan pertandingan yang kompetitif dalam dua dekade terakhir dengan tim yang berisi pemain-pemain top di klub-klub Eropa.(ENY/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010