Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin dikukuhkan sebagai warga kehormatan Perguruan Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), pengukuhan itu dilakukan pada kunjungannya ke Pedepokan PSHT di Jalan Merak Kota Madiun, Kamis (17/9) malam.

Dalam keterangan tertulisnya, Azis Syamsuddin menyampaikan rasa bangganya karena telah menjadi warga PSHT.

"Ini merupakan kebanggaan serta tantangan untuk saya ke depan, terlebih saya menambah keluarga baru. Tentu saya ingin belajar banyak tentang PSHT, sehingga dapat menjadi wakil rakyat yang adil dan berguna bagi Indonesia sesuai dengan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh PSHT," kata Azis dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Azis Syamsuddin minta Polri ungkap motif penyerangan Syekh Ali Jaber

Azis menjelaskan PSHT tidak berafiliasi kepada partai politik manapun dan selalu berperan aktif dalam menyebarkan nilai-nilai positif di masyarakat. Hal itu menurut dia termasuk membantu gagasan-gagasan pemerintah di masa pandemi COVID-19.

"Nilai-nilai ideologi PSHT memiliki inti unsur pembelaan diri untuk mempertahankan kehormatan, keselamatan, kebahagiaan, dan kebenaran. Nilai-nilai tersebut perlu diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujarnya.

Azis menyampaikan terima kasih dan terharu karena telah menjadi warga PSHT yang merupakan sebuah organisasi mendirikan IPSI pada 18 mei 1948.

Menurut dia, PSHT merupakan organisasi pencak silat yang luar biasa dan tersebar di berbagai wilayah domestik dan internasional.

"Saat ini PSHT diikuti sekitar 7 juta anggota, memiliki cabang di 236 kabupaten/kota di Indonesia, 10 komisariat di perguruan tinggi dan 10 komisariat luar negeri di Malaysia, Belanda, Rusia (Moskwa), Timor Leste, Hongkong, Korea Selatan, Jepang, Belgia, dan Prancis," katanya.

Baca juga: DPR: KPU yakinkan pemungutan suara Pilkada terapkan prokes COVID-19

Baca juga: DPR: libatkan TNI-Polri dalam pelaksanaan PSBB Jakarta


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2020