Sungailiat, Bangka (ANTARA News) - Soal ujian nasional 2010 yang dibuat oleh Universitas Sriwijaya Palembang, Sumatera Selatan, dijamin tidak bocor karena mendapat pengawasan yang ketat dari pihak kepolisian.

"Soal ujian nasional yang diselenggarakan pada bulan Maret mendatang tidak akan bocor karena mendapat pengawasan dan pengawalan dari pihak kepolisian," kata Kasi kurikulum sekolah menengah, Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka, Ervawi di Sungailiat, Rabu.

Ia mengatakan, soal ujian sebelum sampai ke sekolah masing-masing, mulai dari Dinas pendidikan Provinsi Bangka Belitung sampai ke sekolah terus mendapat pengawalan dari kepolisian.

"Selain pihak kepolisian yang mengawal soal ujian, pihak tim pengawas indenpenden juga tetap akan mengawasi jalannya ujian sehingga mulai dari soal didistribusikan sampai pada soal dikerjakan dijamin tidak akan bocor," katanya.

Menurutnya, untuk soal ujian nasional di wilayah Kecamatan Sungailiat, lembar soalnya diamankan di Polisi Resort (Polres) Bangka. Sedangkan untuk di Kecamatan lain soal ujian diamankan dan diambil di Polisi Sektor (Polsek) setempat.

"Soal ujian akhir nasional diawasi setiap harinya oleh pihak kepolisian. Soal ujian hanya bisa diambil oleh kepala sekolah atau wakilnya tepat pukul 06.00 wib," katanya.

Ia mengatakan, soal ujian nasional ini memang benar - benar mendapat pengawasan yang cukup ketat untuk menghindari terjadinya kebocoran serta tindakan pelanggaran hukum lainnya.

"Jika diketahui nantinya ada yang membocorkan soal ujian oleh pihak siapapun maka akan diproses sesuai dengan peraturan dan hukum yang berlaku," katanya.

Menurutnya pengawasan pada soal ujian nasional diserahkan langsung ke pihak kepolisian sebagai lembaga penegak hukum yang sah, sebagaimana pada tahun - tahun sebelumnya.

"Saya berharap pelaksanaan ujian nasional ini akan berjalan dengan lancar serta tidak terjadi pelanggaran sesuai dengan ketentuan," ujarnya. (KMN/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010