Jakarta (ANTARA News) - Manajer tim Piala Thomas, Yacob Rusdianto setelah melihat hasil pengundian pertandingan kualifikasi Piala Thomas zona Asia mengatakan, undian tersebut tidak mengkhawatirkan dan yakin tim putra bisa lolos kualifikasi.

"Tadinya kami khawatir kalau berada dalam satu grup dengan Korea dan hanya juara grup saja yang maju ke babak berikutnya peluang kita agak berat," kata Yacob yang ditemui di sela-sela simposium "Mengembalikan Kejayaan Bulu Tangkis Indonesia" di Jakarta, Kamis.

"Dengan pengundian seperti itu, kami tidak khawatir dengan tim putra, apalagi setelah babak pertama masih akan disilang dengan grup lain," katanya.

Hasil pengundian yang dilakukan di Bangkok, Thailand, Kamis, Indonesia yang menjadi unggulan pertama dalam kualifikasi Piala Thomas zona Asia menempati Grup A bersama Vietnam dan Singapura.

Sepuluh negara peserta lainnya terbagi dalam tiga grup dengan unggulan kedua, Jepang berada di Grup D bersama Korea dan Laos.

Dari masing-masing grup akan diambil dua tim terbaik untuk maju ke perempat final dengan cara juara Grup A dipertemukan dengan runner-up Grup B dan sebaliknya juara Grup B bertemu runner-up Grup A, begitu pula dengan Grup C dan D.

Empat tim yang menang maju ke semifinal dengan juara dan runner-up langsung lolos ke putaran final di Malaysia dan semifinalis yang kalah diadu untuk menentukan tim ketiga yang maju ke putaran final.

Sementara itu Kasub Bid Pelatnas PB PBSI Christian Hadinata menegaskan bahwa tim Indonesia harus terus meraih kemenangan agar perjalanan selanjutnya tidak ditentukan oleh tim lain.

"Kita tidak boleh kalah agar tidak ditentukan oleh negara lain. Saya yakin tim bisa menjadi juara grup maupun meraih kemenangan saat pertandingan silang," katanya.

Grup B kualifikasi Piala Thomas dihuni tim Taiwan, Hong Kong dan Filipina, sedangkan dalam Grup C terdapat India, Thailand, Srilanka dan Kamboja.

Sementara itu, tim Piala Uber Indonesia harus bersaing dengan Korea dan Thailand untuk dapat lolos kualifikasi dan maju ke putaran final di Malaysia 9-16 Mei.

"Kita harus bersaing dengan Korea, Thailand dan Singapura, tetapi dari peta kekuatan yang paling berat adalah Korea dan Thailand," ujar Kasub Bid Pelatnas PB PBSI Christian Hadinata di Jakarta, Kamis.

"Singapura dan Srilanka di atas kertas kita masih bisa mengatasi," tambah Christian.

Tim Uber Indonesia yang menjadi unggulan ketiga berada dalam satu grup bersama unggulan pertama Korea untuk kualifikasi Asia yang akan digelar di Thailand, 22-28 Februari.

Sepuluh negara peserta kualifikasi Piala Uber Asia dibagi ke dalam dua grup yang masing-masing terdiri atas lima negara.

Dua tim teratas dari setiap grup maju ke babak berikutnya untuk disilang juara grup melawan runner-up grup lainnya. dengan demikian, jika ingin lolos ke putaran final tim Indonesia minimal harus menjadi runner-up grup.

Tim yang kalah di semifinal diadu untuk menentukan tim ketiga yang lolos ke putaran final di Malaysia.

Berikut ini pembagian grup dalam Piala Uber:

Grup X: Korea, Indonesia, Thailand, Singapura, Srilanka. Grup Y: Jepang, Hong Kong, Taiwan, India, Filipina.
(T.F005/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010