Jakarta (ANTARA) - RB Leipzig menang 3-1 atas tamunya Mainz 05, dalam pertandingan pertamanya di Liga Jerman musim baru yang dimainkan di Red Bull Arena, Leipzig, Minggu.

Leipzig baru mampu memecah kebuntuan melalui eksekusi penalti Emil Forsberg pada menit ke-17. Mereka kemudian menggandakan keunggulan melalui gol Yussuf Poulsen pada menit ke-21.

Mainz sempat memperkecil ketertinggalan lewat gol Jean-Philippe Mateta pada menit ke-47, namun Amadou Haidara merestorasi keunggulan dua gol Leipzig pada menit ke-51, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Raihan tiga poin membawa Leipzig menghuni peringkat kelima di klasemen sementara, sedangkan Mainz saat ini menduduki posisi ke-15.

Baca juga: Nagelsmann bilang Upamecano yang diincar MU tetap di Leipzig
Baca juga: Bayern pesta delapan gol untuk buka musim baru Liga Jerman


Leipzig yang pada dua musim berturut-turut mampu menang meyakinkan atas Mainz, baru mampu memecah kebuntuan melalui titik putih. Dani Olmo dijatuhkan Leandro Barreiro di kotak terlarang, Forsberg kemudian tidak mengalami kesulitan untuk mengeksekusi penalti.

Die Rotten Bullen menggandakan keunggulan mereka saat Olmo mengirim bola sapuan tendangan bebas kembali ke kotak penalti, Poulsen kemudian mampu mengungguli pengawalnya untuk menanduk bola terarah ke sudut gawang Mainz.

Forsberg memiliki dua peluang sebelum babak pertama usai. Pertama saat sepakannya mengenai tiang gawang, kemudian ia melepaskan sepakan melengkung yang melambung di atas gawang lawan.

Mainz memberikan respon yang bagus setelah turun minum. Robin Quaison mengirim umpan terobosan yang tertuju ke jalur pergerakan Mateta. Mateta memanfaatkan peluang untuk menjadi gol melalui tembakan ke gawang pertama Mainz pada laga itu.

Namun, kegembiraan kubu Mainz hanya berusia singkat. Tidak lama kemudian Forsberg bergerak melewati dua pemain bertahan Mainz, untuk berikutnya menyodorkan operan yang dengan mudah dikonversi menjadi gol oleh Haidara. Skor 3-1 untuk keunggulan tuan rumah bertahan sampai laga usai.

Baca juga: Hertha, Freiburg, Augsburg, dan Hoffenheim amankan tiga poin
Baca juga: Frankfurt perpanjang kontrak bintang Jepang Daichi Kamada sampai 2023


Susunan pemain seturut laman resmi Liga Jerman:

RB Leipzig (3-4-2-1): Peter Gulacsi, Lukas Klostermann, Dayot Upamecano, Marcel Halstenberg, Amadou Haidara, Kevin Kampl, Angelino, Daniel Olmo, Emil Forsberg, Yussuf Poulsen
Pelatih: Julian Nagelsmann

Mainz 05 (4-4-1-1): Robin Zentner, Bote Baku, Jerry St Juste, Moussa Niakhate, Daniel Brosinski, Jonathan Burkardt, Leandro Barreiro, Danny Latza, Karim Onisiwo, Robin Quaison, Jean-Philippe Mateta
Pelatih: Achim Beierlorzer

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020