Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Sabtu pagi, menghadiri acara zikir bersama di Lapangan Silang Monas, Jakarta, di tengah hujan gerimis.

Zikir yang bertema "Berzikir untuk Indonesiaku" itu diadakan oleh Majelis Dzikir SBY Nurussalam, Majelis Dzikir Nurul Musthofa dan Forum Habib Nasional.

Bersama Presiden turut hadir antara lain Ibu Ani Yudhoyono, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Menteri Pendidikan Nasional M.Nuh, Menko Polhukan Djoko Suyanto, Mensesneg Sudi Silalahi, Menko Perekonomian Hatta Rajasa dan Menko Kesra Agung Laksono.

Sekalipun hujan turun semenjak dini hari namun sejak sekitar pukul 06.30 wib, ratusan jemaah telah berdatangan dari berbagai penjuru Jakarta. Beberapa diantaranya datang dengan menggunakan bus.

Selain kalangan orang dewasa, di antara jamaah yang rata-rata berpakaian serba putih atau hitam itu tampak juga anak-anak balita dalam gendongan orang tuanya.

Oleh karena hujan makin deras maka para jamaah di tanah lapang mulai membuka payung sementara sisanya pasrah diguyur air hujan mengingat panitia tidak mempersiapkan tenda bagi mereka.

Di area tersebut hanya terdapat tiga buah tenda, yaitu sebuah tenda utama berukuran lebih kurang 5x7 meter yang menghadap salah satu pintu gerbang Monas, yang menghadap ke arah Bank Indonesia, dan dua buah tenda yang lebih kecil.

Tenda utama ditempati oleh para habib yang memimpin zikir, Presiden Yudhoyono dan para menteri Kabinet Indonesia Bersatu II.

Sedangkan dua tenda yang lain yang berukuran lebih kecil diperuntukkan bagi para istri dan wartawan.

Sekitar pukul 07.30 salah seorang habib telah mulai memimpin doa bersama di tengah rintik hujan.

Habib yang berdiri di bawah lindungan tenda utama itu memohon agar hujan tersebut membawa berkah bagi bangsa Indonesia. Hal itu disambut dengan kata, "amin", oleh jamaahnya.

Namun, gerimis yang makin rapat membuat sejumlah orang merangsek turut berlindung di tenda wartawan. Anehnya dari sekian banyak orang yang turut berlindung di tenda tersebut justru adalah kalangan pria bukannya perempuan dan anak-anak. Ibu-ibu tampak khusuk berdoa di bawah guyuran hujan, ketika gerimis makin deras baru ada beberapa orang yang menitipkan anaknya ke tenda wartawan.

Presiden Yudhoyono beserta Ibu Ani tiba di lokasi acara sekitar pukul 08.00 wib yang disambut dengan shalawat oleh para jemaah. Hingga Presiden memberikan kata sambutan yang cukup singkat, sekitar 12 menit, mengingat hujan belum juga reda, terdengar petir beberapa kali di angkasa dan kabut yang turun menutupi sebagian langit Monas. (G003/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010