Padang (ANTARA News) - Mantan diplomat senior, Hj. Puti Reno Usman, memilih mendaftar ke Koalisi Partai Maju Bersama untuk dicalonkan menjadi bakal calon gubernur Sumbar 2010-2015.

"Ibu Puti akan mendaftar ke koalisi partai pada Selasa, 16 Pebruari 2010," kata M Nas Kasah, ketua tim pemenangan Puti Reno Usman, di Padang, Sabtu.

Koalisi Partai Maju Bersama merupakan gabungan 22 partai politik di luar parlemen dan ditambah PBB dengan total akumulasi suara 17,34 persen.

Menurut M Nas, pertimbangan memilih partai koalisi karena di partai besar seperti Demokrat, dan Golkar, sudah terlalu banyak bakal calon gubernur yang mendaftar.

Selain itu, di koalisi partai peluang untuk dicalonkan lebih besar karena partai tersebut bisa memutuskan sendiri calon di tingkat daerah.

M Nas mengatakan, Puti Reno Usman kini terus melakukan sosialisasi ke daerah-daerah di Sumbar, agar semakin dikenal. Sebelumnya, sosialisasi dilakukan ke masyarakat di Kota Padangpanjang, Kabupaten Solok, Kabupaten Solok Selatan, dan Kota Payakumbuh.

Puti Reno Oesman mengatakan maju sebagai bakal calon gubernur karena rasa keterpanggilan untuk membangun Sumbar setelah Gempa Bumi 30 September 2009.

"Gempa bumi telah menghancurkan fasilitas di Sumbar seperti fasilitas pendidikan, fasilitas perkantoran, fasilitas kesehatan dan infrastruktur lainnya," kata mantan Penanggung Jawab Bidang Pensosbud KBRI Moscow Rusia itu.

Puti yang juga mantan Kabidpen KBRI Bangkok Thailand itu bertekad, jika terpilih menjadi gubernur, dia akan mengembalikan keadaan Sumbar menjadi lebih baik dari sebelum terjadi gempa bumi, terutama di sektor pendidikan, dan kesehatan.

Sumbar akan melaksanakan pemilu gubernur/wakil gubernur yang digelar serentak dengan pemilu walikota/bupati di 13 kabupaten/kota di Sumbar pada 30 Juni 2010.

Menjelang pemilu kepala daerah tersebut, partai-partai besar di Sumbar sudah mulai melakukan penjaringan calon gubernur.

Tokoh-tokoh yang menyatakan maju sebagai calon gubernur di antaranya, Direktur Utama PT Semen Padang Endang Rizal , Gubernur Sumbar Marlis Rahman , Walikota Padang Fauzi Bahar ,dan Wakil Ketua Umum DPP Gerindra Fadli Zon . (O003/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010