Tokyo (ANTARA News/Reuters) - Korea Selatan menaklukkan musuh bebuyutannya, Jepang, 3-1 dalam pertandingan yang diwarnai dengan dua kartu merah, Minggu, untk mejadikan china secara mengejutkan menjuarai Kejuaraan Asia Timur.

China sebelumnya mengalahkan Hongkong 2-0 untuk membuat tuan rumah Jepang harus mengalahkan Korea Selatan dengan selisih tiga gol guna merebut gelar juara itu.

Dengan kemenangan tersebut, Korea Selatan menjadi runner-up, sementara Jepang dicemoohkan di lapangan.

Yasuhito Endo membuat Jepang unggul terlebih dahulu melalui tenangan penalti di menit ke-22, sebelum Lee Dong-gook mencetak gol juga melalui tendangan penalti 11 menit kemudian dan membungkam 43.000 penonton yang mendukung tuan rumah.

Rekan penyerang Lee Seung-yeoul membuat Korsel unggul di menit ke-39 mlalui tendangan keras dari jarak 30 meter dan gelandang Kim Jae-sung mencetak ol ketiga bagi timnya di menit ke-70.

Bek Jepang, Tulio, diberi kartu merah karena menyikut Cho Yong-hyung beberpa saat sebelum babak pertama usai, sementra kapten Korsel Kim Jung-woo dikeluarkan dari lapangan pertandingan setlah memperoleh kartu kuning kedua di menit ke-52.(*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010