Bandung (ANTARA News) - Asisten pelatih tim "maung bandung" Yusuf Bahtiar mengatakan, kekalahan Persib atas Persebaya, Minggu (14/2), disebabkan oleh faktor lapangan.

Yusuf Bahtiar, di Bandung, Senin, mengatakan, hujan deras yang mengguyur Gelora 10 November selama pertandingan Persebaya vs Persib membuat lapangan menjadi tidak bersahabat sehingga mengganggu penampilan para pemain Persib.

"Banyak faktor yang menyebabkan Persib kalah kemarin. Namun, saya rasa faktor lapangan yang becek menjadi kendala utama," kata Yusuf.

Dia mengatakan, para pemain Persib dengan kapasitasnya masing-masing akan terbebani dengan kondisi lapangan yang tidak bersahabat tersebut.

"Para pemain seperti Nova, Eka, Maman rasanya kurang baik jika bermain dengan kondisi lapangan seperti itu. Licinnya bola dan lapangan membuat mereka bermain kurang baik di pertandingan kemarin," kata Yusuf.

Strategi yang sebelumnya diungkapkan pelatih Jaya Hartono, yakni menekan terlebih dahulu pemain Persebaya ternyata tidak berhasil. Justru kebalikannya, Persib ditekan terus-menerus sepanjang pertandingan.

Menurut Yusuf, strategi pelatih tersebut kurang didukung dengan situasi lapangan yang kurang baik.

Yusuf juga mengatakan, secara moril, dendam Persebaya yang kalah di pertandingan sebelumnya 4-2 telah terbalaskan.

"Secara moril, kemenangan Persib atas Persebaya di laga sebelumnya telah terbalaskan dengan kekalahan Persib kali ini," kata dia.

Menurut dia, target pimpinan klasemen Liga super Indonesia menjadi lebih berat dengan kekalahan atas Persebaya kemarin.

"Sayang sekali kita harus kalah kemarin. Tiga poin gagal kita dapatkan. Tapi, untungnya dua laga tandang sebelumnya, kita bisa mencuri enam angka," tambah Yusuf.(PK-ASJ/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010