Anggaran terbesar untuk fungsi fasilitasi
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengalokasikan Rp1,5 triliun dari total anggaran tahun 2021 untuk peningkatan prestasi olahraga.

Total pagu anggaran Kemenpora Tahun 2021 yang disetujui oleh Badan Anggaran DPR RI sebesar Rp2,32 triliun.

Dari jumlah tersebut, sebesar Rp1,5 triliun akan dialokasikan untuk peningkatan prestasi olahraga termasuk pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021, bonus penerima medali emas Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2021.

Baca juga: Menpora ingin 2021 jadi tahun pemulihan olahraga nasional

“Anggaran terbesar untuk fungsi fasilitasi. Dari Rp2,3 triliun, sebanyak Rp1,5 triliun sudah dialokasikan untuk fungsi fasilitasi yang sudah pasti akan dilakukan,” tutur Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi X DPR RI, Selasa.

Zainudin mengaku jumlah tersebut sebetulnya masih jauh dari yang diharapkan. Namun ia akan berusaha semaksimal mungkin agar anggaran yang diberikan bisa digunakan secara efektif dan efisien demi peningkatan prestasi olahraga nasional.

Apalagi, kata dia, Presiden Joko Widodo juga telah menugaskannya untuk meninjau ulang ekosistem dan pembinaan olahraga prestasi.

Baca juga: Kemenpora ajukan Rp3,7 triliun untuk anggaran 2021
Baca juga: DPR RI setujui anggaran Kemenpora Rp3,7 triliun untuk 2021

Pembahasan pagu anggaran Kemenpora 2021 telah melalui beberapa penyesuaian. Rapat ini merupakan RDP kelima yang dilakukan bersama Komisi X DPR RI demi mendapatkan masukan terkait penggunaan anggaran yang efektif.

"Kita punya anggaran yang besar, tapi kalau tidak efektif melakukan pengelolaan anggaran bisa saja tidak akan memberikan manfaat yang besar akan kegiatan keolahragaan dan kepemudaan. Atas dasar itu, kami mulai memilah-milah lagi fungsi-fungsi yang ada di Kemenpora yang selama ini tidak tergarap maksimal," ujar Zainudin.

Kemenpora sebelumnya mengusulkan tambahan pagu anggaran tahun 2021 sebesar Rp1,7 triliun dari sebelumnya Rp2 triliun, sehingga total usulan anggaran 2021 sebesar Rp3,7 triliun.

Baca juga: Agar olahraga tak "disuntik mati" oleh pandemi
Baca juga: KONI: Haornas jadi momentum kebangkitan prestasi olahraga Indonesia
Baca juga: Kemenpora masih kaji anggaran timnas Piala Dunia U-20 2021


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020