Bandung (ANTARA News) - Maskapai penerbangan Wings Air akan membuka rute penerbangan baru Bandung - Yogyakarta mulai 19 Februari 2010.

"Pangsa pasar penerbangan Bandung - Yogyakarta cukup tinggi, Wings Air akan melayani rute itu mulai Jumat (19/2) nanti," kata General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Husein Sastranegara Bandung, Mulya Abdi, Selasa.

Penerbangan jarak pendek antara dua "Kota Pendidikan" itu akan menggunakan pesawat baling-baling ATR 72-500 dengan kapasitas 70 orang penumpang. Penerbangan dilakukan setiap hari pulang pergi (PP).

Jadwal penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung itu sekitar pukul 13.00 WIB. Kehadiran penerbangan baru itu, mengisi kekosongan jadwal penerbangan di Bandara Husein.

"Saat ini ada kekosongan jadwal penerbangan selama lima jam di Bandara Husein, sehingga penerbangan Bandung - Yogyakarta itu akan mengisinya," kata Mulya Abdi.

Saat ini Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung melayani sembilan jadwal penerbangan yakni lima penerbangan domestik yakni Bandung - Batam, Bandung - Medan, Bandung - Surabaya dan empat jadwal penerbangan internasional yakni Bandung - Kualalumpur dan Bandung - Singapura.

Maskapai penerbangan yang melayani penerbangan dari Bandara Husein adalah Air Asia, Merpati Nusantara dan Sriwijaya Air. Sedangkan Wings Air akan menjadi maskapai penerbangan keempat yang melayani penumpang dari bandara itu.

Selain Wing Air, maskapai penerbangan Merpati juga rencanaya akan membuka kembali rute Jakarta - Bandung - Semarang dengan menggunakan pesawat ATR 72-500.

"Potensi penumpang dari Bandung trendnya terus meningkat dan sangat potensial. Sehingga jadwal penerbangan di Bandung diharapkan terisi dan lebih efektif," kata Manajer Operasional PT Angkasa Pura II Bandara Husein Sastranegara, Soetrisno.

Ia menyebutkan, potensi penerbangan internasional dari Bandara Husein terus meningkat. Rata-rata penumpang di Bandara Husein sekitar 1500 orang per hari, dengan okupansi sekitar 80 persen. Hal sama juga untuk penerbangan domestik yang selama ini dilayani oleh Sriwijaya Air dan Merpati Nusantara Airlines.

Sementara itu, peluang pembukaan rute baru ke luar negeri juga makin terbuka dengan rencana `overlay` lintasan pacu Bandara Husein yang akan dilakukan pada Maret 2010 mendatang.

Dengan penebalan lapisan landasan pacu itu, memungkinkan pesawat ukuran besar seperti Airbus 320 bisa mendarat di bandara itu. Selama ini rute penerbangan dari Bandung dilayani oleh pesawat ukuran sedang Boeing 737-200.

(U.S033/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010