Bandung (ANTARA News) - Kiper Timnas PSSI, Markus Horison, resmi bergabung dengan Persib "Maung Bandung" hingga akhir musim kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) 2009-2010.

Penandatanganan kontrak kiper berkepala plontos itu dilakukan dengan Manajer Persib Bandung, H Umuh Muhtar, di Kafe Persib Jalan Sulanjana Kota Bandung, Selasa.

"Markus resmi gabung dengan Persib untuk menggantikan Shintawechai ,namanya langsung didaftarkan ke BLI," kata Manajer Persib, H Umuh Muhtar.

Markus Horison, yang pada putaran pertama memperkuat Arema Malang, dipastikan akan menjadi kiper utama di tim Maung Bandung itu.
Kiper Persib asal Thailand, Shintawechai dipastikan pulang ke negaranya pada 21 Februari 2010 mendatang. Kiper Timnas Thailand itu akan kembali ke tim asalnya Chatbury Thailand.

"Persib sudah berupaya agar Kosin bisa bertahan hingga akhir putaran kedua, namun tidak berhasil karena tim asalnya membutuhkan tenaganya. Shintawechai selama ini berstatus pemain pinjaman," kata H Umuh Muhtar.

Sebelumnya, Persib juga `kehilangan` gelandang briliannya asal Negeri Gajah Putih, Sunchao Nuthnum yang juga memilik pulang ke negerinya untuk bergabung dengan tim Electric Thailand.

Sama seperti Shintawechai, keberadaan Sunchao adalah pemain pinjaman. Namun demikian keduanya menjadi ruh permainan bagi tim Bandung itu di putaran pertama.

Sedangkan kehadiran kiper Markus Horison diharapkan menjadi pengganti yang sepadan dengan kiper sebelumnya. Markus sendiri lebih banyak dibangku cadangkan saat berada di tim Arema Malang.

Selain Horison, Persib juga memiliki kiper senior lainnya Cecep Supriatna.

Sementara itu Markus Horison yang baru tiba di Bandung, Senin (15/2) kemarin, menyatakan siap membela Persib Bandung pada sisa pertandingan putaran kedua. Ia mengaku kerasan di tim "Maung Bandung" karena bisa bergabung dengan rekannya sesama pemain Timnas PSSI yakni Maman Abdurahman, Nova Aryanto, Hariono dan Eka Ramdani.

Kiper yang sebelumnya membela PSMS Medan dan Persik Kediri itu mengaku siap memberikan kemampuan terbaiknya bagi Persib Bandung. Ia sendiri mengaku sudah lepas dari ikatan tim Arema Malang.

"Saya senang bisa bergabung dengan Persib, ada tantangan tersendiri di tim ini yakni menggantikan kiper berkualitas seperti Shintawechai yang sudah menyatu dengan publik Bandung. ini tantangan sekaligus memacu motivasi," kata Markus.

Sementara itu Persib Bandung sendiri tidak mempermasalahkan kiper barunya itu jarang turun pada babak pertama. Pelatih Jaya Hartono menyambut kehadiran kiper barunya itu, meski demikian ia menyebutkan Markus harus bersaing dengan kiper lainnya di tim Persib karena ia hanya akan menurunkan pemain paling siap di setiap pertandingan.

"Semua tahu kapasitas dan kemampuan Markus, namun tidaka ada jaminan ia selalu menjadi starter. Ia harus berkompetisi dengan kiper lainnya," kata Jaya Hartono.

(U.S033/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010