Brussels (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Pekerja jawatan kereta Belgia melakukan pemogokan pada Selasa (16/2), sehari setelah dua kereta penumpang bertabrakan kepala-lawan-kepala di dekat Brussels sehingga menewaskan 18 orang dan melukai lebih dari 150 orang lainnya.

Serikat pekerja jawatan kereta menyatakan pemogokan besar-besaran tersebut bertujuan memprotes kondisi kerja. Kepala serikat pekerja Gerard Gelmini mengecam para manager perusahaan kereta nasional, SNCB, karena sangat ingin membangun kantor dan stasiun baru, bukannya menyediakan perlengkapan keamanan.

Pemogokan itu telah mempengaruhi angkutan kereta di Belgia, sehingga mengakibatkan banyak pembatalan dan penundaan. Salju yang turun baru-baru ini juga mengakibatkan gangguan terhadap angkutan umum di Belgia.

Kecelakaan tersebut terjadi pukul 08:45 waktu setempat (14:45 WIB), Senin (15/2), di kota Halle, Belgia, sekitar 15 kilometer di sebelah barat-daya Brussels, salah satu kecelakaan kereta terburuk dalam sejarah Belgia.

Penyebab kecelakaan itu masih diselidiki, sementara ada kecurigaan mengenai kesalahan seorang masinis serta kurangnya perlengkapan keselamatan.

Provinsi Flemish Brabant, yang meliputi kota kecil Halle, menyatakan jumlah korban jiwa secara resmi berjumlah 18 --15 pria dan tiga perempuan. Sebagian dari mereka belum diidentifikasi, dan mungkin diperlukan waktu 24 jam untuk pengidentifikasian.

Gubernur Provinsi lodewijk De Witte, pada suatu taklimat, mengatakan satu kereta, layanan lokal dari Leuven, telah melewati lampu merah dan menghantam satu kereta expres menuju Liege yang terlambat sekitar 10 menit.

Kedua kereta tersebut saling hantam, dan bagian belakangnya terlempar ke udara. Saluran listrik di atas rel rusak parah.

Perdana Menteri (PM) Belgia, Yves Leterme, yang mempersingkat kunjungan ke Balkan, mengatakan bahwa dirinya terkejut oleh kecelakaan itu, yang terjadi kurang dari tiga pekan setelah ledakan gas di wilayah permukiman di Liege, yang menewaskan 14 orang.

Sangat banyak layanan kereta, termasuk kereta cepat dari Brussels ke Paris dan Eurostar dari Brussels ke London melalui Channel Tunnel, dihentikan pada hari itu.

Eurostar menyatakan layanannya antara Brussels dan Inggris masih tetap dibekukan sepanjang Selasa. Eurostar akan mengoperasikan layanan yang dikurangi antara Inggris dan Lille di Prancis.

Jawatan kereta Prancis, SNCF, mengatakan dalam satu pernyataan, tak ada kereta yang beroperasi antara Prancis dan Belgia pada Selasa.

(Uu.C003/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010