Lisbon (ANTARA News) - Arsenal tampil penuh rasa percaya diri setelah memukul Liverpool, namun mereka harus menunjukkan konsistensi untuk menghadapi ujian dari Porto pada babak 16 besar Liga Champion.

Kemenangan tim asal London utara itu ternoda oleh kekalahan dari Chelsea dan Manchester United (MU). Tetapi mereka menang 1-0 atas Liverpool minggu lalu. Hasil itu menjaga peluang mereka dalam perburuan gelar dan mengangkat semangat tim, sebagaimana dikutip dari Reuters.

"Akan sulit bagi kami bila kalah dari Liverpool dan pergi ke Porto dengan penuh percaya diri," kata pelatih Arsene Wenger.

Undian pada putaran pertama Liga Champion bisa lebih keras bagi Arsenal. Bila mereka harus beradu dengan Bayern Munich atau salah satu raksasa Milan.
 
Menurut Wenger, Porto bisa merepotkan. "Pertandingan melawan Porto sulit. Mereka bukan tim bergengsi tetapi setiap tahun mereka ada di Liga Champion dan mereka dapat mengejutkan orang. Mereka bermain dengan baik akhir-akhir ini".

Porto memiliki sejarah yang cukup bagus di kancah Eropa. Termasuk dua gelar juara Eropa menjadi modal kuat melawan tim Inggris itu.

Mereka kalah 4-0 di stadion Emirates musim lalu, tapi kemudian memuncaki grup dan memberi perlawanan sengit pada MU di babak perempat final.

"Arsenal merupakan tim Inggris yang dapat merepotkan kami. Saat mereka dalam kondisi bagus, permainan mereka sulit untuk dikalahkan," kata pelatih Porto Jesualdo Ferreira. "Namun penampilan mereka bisa goyah. Kami akan menyulitkan mereka."

Porto bertengger pada posisi ketiga di liga domestik. Memulai musim dengan buruk, dan sedang berjuang untuk mengganti gelandang berpengaruh yang dijual ke Marseille Lucho Gonzales.

Hasil imbang 0-0 lawan Leixoes hari Sabtu menigkatkan kinerja tim dan diikuti dengan hasrat untuk menang.Semua ini berkat Ruben Micael, gelandang kreatif yang meremajakan tim sejak bergabung dari Nacional Januari lalu.

Porto diperkuat barisan pemain tengah yang ciamik dan kaya teknik. Mereka adalah pemain berbakat Argentina Beluschi dan Fernando bersama Michael.

Dalam menyerang, mereka menggantikan Lisandro Lopez dengan pencetak gol subur lain, yaitu pemain Kolombia Radamel Falcao. Sedangkan Silvestre Varela akan menjadi ancaman di sayap.

Arsenal tidak akan diperkuat striker Andrei Arshavin yang mengalami cedera lutut dan Alex Song yang masih diragukan tampil karena cedera lutut.

Susunan tim:
Porto: 1-Helton; 13-Jorge Fucile, 14-Rolando, 2-Bruno Alves,
15-Alvaro Pereira; 7-Fernando Belluschi, 25-Fernando, 28-Ruben
Micael; 17-Silvestre Varela, 9-Radamel Falcao, 11-Mariano
Gonzalez.

Arsenal: 1-Manuel Almunia; 3-Bacary Sagna, 5-Thomas
Vermaelen, 10-William Gallas, 22-Gael Clichy; 4-Cesc Fabregas,
7-Tomas Rosicky, 27-Emmanuel Eboue or 17-Alex Song, 2-Abou
Diaby; 14-Theo Walcott, 52-Nicklas Bendtner. (ENY/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010